Sukses

Inilah Daftar Makanan yang Membuat Anda Cepat Kenyang

Anda sedang berusaha menurunkan berat badan? Mulai tersiksa dengan menahan rasa lapar akibat mengurangi porsi makan yang ada? Kalau begitu sudah saatnya Anda harus melirik beberapa daftar makanan berikut ini yang dapat membantu Anda kenyang lebih cepat dan tidak mudah lapar kembali. Simak selengkapnya bersama dr. Dewi Ema Anindia disini.

Klikdokter.com - Saat Anda berusaha untuk menurunkan berat badan, hal yang paling jitu yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi porsi makanan.  

Namun dengan mengurangi porsi makan, secara otomatis Anda akan lebih mudah merasa cepat lapar kembali dalam waktu dekat dan mulai makan lagi.

Jika sudah demikian, tak ayal lagi hal tersebut menjadi penyebab utama kebanyakan orang senantiasa menemui kegagalan dalam usaha menurunkan berat badan.

Prinsipnya pun sama, semakin banyak jumlah porsi makanan yang Anda makan, maka akan semakin berisiko pula Anda mudah mengalami peningkatan berat badan. Tentunya hal ini akan buruk untuk diet Anda bukan?

Untuk mengatasinya mau tidak mau Anda harus mengambil solusi memilah dengan cermat dan mulai memilih makanan apa saja yang tidak memerlukan porsi banyak namun cepat mengenyangkan dalam waktu yang lama.

Apa saja makanan-makanan tersebut? Nah, berikut terlampir beberapa jenis makanan yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. 

1 dari 6 halaman

Makanan yang Membuat Anda Cepat Kenyang & Tidak Mudah Lapar#1: Apel

Konsumsilah apel kira-kira 30 menit sebelum makan, serat dan air yang berada dalam apel dapat membuat Anda kenyang secara cepat.

Selain itu, berbagai penelitian epidemiologi telah menunjukkan bahwa konsumsi buah Apel dapat menurunkan risiko terjadinya beberapa kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah, asma dan diabetes. Apel juga telah diketahui mengandung zat-zat fitokimia seperti quercetin, catechin, phloridzin dan chlorogenic acid yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Hal ini dapat membantu memperlambat proses penuaan.

Kesimpulannya, apel tidak hanya membuat Anda cepat kenyang. Tetapi juga memperlambat proses penuaan dan bahkan sekaligus membantu menekan risiko terkena kanker.

2 dari 6 halaman

Makanan yang Membuat Anda Cepat Kenyang & Tidak Mudah Lapar#2: Alpukat

Mengkonsumsi setengah alpukat dengan makan siang Anda, dapat membuat perasaan kenyang sepanjang siang.

Alpukat selain mengeyangkan juga disebut sebagai buah yang memiliki kadar kolesterol baik, yakni kolesterol HDL.

Kolesterol baik ini dapat pula membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

Kolestrerol jahat (LDL) dan trigliserida sering membentuk plak pada dinding pembuluh darah yang nantinya lama-kelamaan dapat menyumbat pembuluh darah tersebut sehingga mengkonsumsi alpukat secara tidak langsung dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.

3 dari 6 halaman

Makanan yang Membuat Anda Cepat Kenyang & Tidak Mudah Lapar#3: Dark Chocolate atau Cokelat Hitam

Saat Anda merasakan ingin mengkonsumsi makanan manis, silahkan mengambil dark chocolate. Cokelat jenis ini sedikit berbeda dengan cokelat lain umumnya. Dimana dark chocolate lebih sedikit memiliki kadar campuran susu, dan lebih dominan rasa cokelat disertai rasa sedikit pahit.

Selain itu penenelitian menyebutkan bahwa cokelat jenis ini dapat juga membantu menurunkan tekanan darah serta melindungi kesehatan jantung dan otak. Penelitian terbaru ini memperlihatkan bahwa 6,7 g dari cokelat hitam dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga sepertiganya. 

Lantas apa yang membuat cokelat hitam spesial daripada jenis cokelat lainnya?

Kandungan flavanoids (antioksidan) pada cokelat hitam dipercaya mendatangkan banyak keuntungan, seperti dapat menghentikan inflamasi, berhubungan dengan penyakit jantung, begitu juga menurunkan gumpalan darah dan  membantu  menjaga untuk mempertahankan diabetes dan tekanan darah tinggi.

4 dari 6 halaman

Makanan yang Membuat Anda Cepat Kenyang & Tidak Mudah Lapar#4: Telur

Memulai hari Anda dengan telur dapat membuat Anda kenyang hingga siang. Kekuatan ini terdapat dalam kandungan proteinnya, Sebuah penelitian dari the University of Missouri menemukan bahwa mengkonsumsi makanan pagi yang terdiri dari 30 – 39 gram protein (sosis dan telur) dapat menghilangkan rasa lapar hingga siang hari.

Satu buah kuning telur mengandung lebih dari 25 persen kebutuhancholine setiap hari. Orang dewasa membutuhkan 425 g choline per hari, sedangkan anak balita butuh 250 gr per hari. Sebuah penelitian mengungkapkan konsumsi choline yang cukup bisa menurunkan risiko kanker payudara.

Namun demikian, pastikan Anda mengelola telur Anda dengan baik dan benar. Pasalnya, jika Anda mengkonsumsinya mentah, justru dikhawatirkan mendatangkan masalah kesehatan lainnya pada tubuh Anda. (Baca: Jangan Makan Telur Mentah!)

5 dari 6 halaman

Makanan yang Membuat Anda Cepat Kenyang & Tidak Mudah Lapar#5: Kacang

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam the British Journal of Nutrition Study mengungkapkan bahwa wanita dengan kondisi obesitas yang mengkonsumsi kacang  atau produk kacang seperti peanut butter dalam makan paginya dapat merasa lebih kenyang hingga 12 jam.

Kacang memang dirancang untuk mengontrol rasa lapar karena dalam kacang terdapat kandungn lemak tidak jenuh, protein dan serat. Kombinasi ini memperlambat proses pencernaan dan mengontrol gula darah bila dikombinasikan dengan buah atau nasi merah.

1 Komentar