Sukses

Cara Mengubah Kebiasaan Makan Buruk Karena Stres

Tidak sedikit dari kita yang memilih makan sebagai pelarian ketika stres. Hal ini dapat berakibat buruk jika menu makan yang ada lebih banyak menu makan tidak sehat. Kemudian bagaimana cara mengatasinya? Simak solusinya bersama dr. Adithia Kwee disini.

Klikdokter.com - Setiap orang pasti memiliki masalahnya masing-masing. Tidak ada orang yang hidup tanpa masalah. Dan bagaimana cara menghadapi masalah tersebut pun berbeda-beda untuk setiap orang. Masalah yang kita hadapi terkadang membuat kita menjadi stres sehingga membuat kita mencari hal-hal baru yang dapat mengalihkan perhatian kita dari stres tersebut. Ada yang dengan cara jalan-jalan bersama teman, ada yang senang berbelanja, ada pula yang melampiaskannya dengan kebiasaan makan.

Kebiasaan makan yang buruk seperti makan makanan yang tidak sehat, makan dengan porsi yang tidak tepat, ataupun makan yang sering terlambat lama kelamaan akan menimbulkan masalah bagi kesehatan. Sudah saatnya bagi Anda yang memiliki kebiasaan makan yang buruk untuk merubah kebiasaan tersebut untuk mencegah memburuknya kesehatan anda di kemudian hari.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

1 dari 3 halaman

Cara Pertama: Niat

Untuk mengubah sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan tentu tidak mudah. Satu modal utama yang kita butuhkan yaitu niat. Niat untuk berubah.

Yakinkan pada diri Anda bahwa sudah saatnya Anda merubah kebiasaan buruk Anda dan ingat-ingatlah dampak yang akan timbul di kemudian hari jika perubahan ini tidak Anda lakukan sesegera mungkin.

Memiliki keinginan untuk berubah sudah menjadi poin tambahan untuk Anda karena berarti Anda menyadari bahwa ada yang salah dari yang selama ini Anda lakukan. 

Tambahkan motivasi yang kuat. 

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

2 dari 3 halaman

Cara Kedua: Catatlah Pola Makan Anda Sehari-hari

Dari makan pagi, makan siang, makan malam, dan makan cemilan di antara waktu makan, catat apa saja yang Anda makan dan jam berapa Anda melakukannya. Setelah itu buatlah detail catatan mengenai kebiasaan makan yang buruk, seperti Anda sering makan terlambat. Lalu buat lagi catatan mengenai kebiasaan makan yang seharusnya, seperti seharusnya makan tepat waktu. Lalu buatlah catatan perubahan yang harus mulai Anda lakukan, seperti bangun lebih pagi supaya sempat sarapan, membawa bekal makan siang supaya sempat makan walaupun pekerjaan sedang tidak biasa ditinggal, dsb.

Dengan membuat catatan-catatan tersebut Anda akan semakin paham kebiasaan makan yang Anda jalani selama ini sudah seberapa baik. Dari catatatn tersebut juga Anda dapat melihat bagian-bagian mana saja yang membutuhkan perbaikan. Jangan pernah merasa terlambat untuk mengadakan perubahan pola makan Anda untuk menjadi lebih baik.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)

Ditulis oleh:
dr. Adithia Kwee
Anggota Redaksi Medis
Klikdokter.com

0 Komentar

Belum ada komentar