Sukses

Anda Pencinta Kopi atau Pencandu Kafein?

Anda termasuk tipe orang yang harus minum kopi pagi-pagi untuk memulai hari? Atau Anda sekedar menyukai aroma dan menyeruput rasa kopi? Ketahui perbedaan keduanya dan dampaknya kepada kesehatan disini bersama dr. Adithia Kwee.

Klikdokter.com - Tren di ibukota sedang bergeser kepada kopi sebagai gaya hidup. Jika belum lama lalu, mungkin kita hanya mengenal satu atau dua merk gerai kopi yang merupakan franchise dari Amerika Serikat, kini sudah kian banyak merk gerai kopi meramaikan pasar kopi di Indonesia.

Kedai kopi menjamur di setiap sudut ibukota. lucunya, kedai-kedai ini jarang tampak sedikit pengunjung, ada saja yang membeli barang segelas kopi atau setangkap roti. Sehatkah gaya hidup kopi ini?

Ada perbedaan yang nyata antara penyuka  minum kopi tulen dengan ‘pasien’ ketergantungan kopi. Bedanya dimana?

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

1 dari 3 halaman

Kapan Seseorang Disebut Ketergantungan Terhadap Kafein?

kopi, kafeinSudah saatnya Anda mencermati gejala-gejala berikutnya jika Anda termasuk peminum kopi yang cukup sering:

  1. Ada toleransi terhadap kopi yang Anda minum. Dalam artian yang tadinya hanya dibutuhkan 1 gelas kopi dalam sehari untuk membuat Anda terjaga, sekarang Anda membutuhkan 2 gelas

  2. Seringkali Anda gagal saat mencoba mengurangi kebiasaan minum kopi

  3. Timbul gejala pada tubuh Anda saat Anda tidak minum kopi gejala ini dapat termanifestasi seperti rasa mudah lelah, mengantuk, dan sebagainya.

  4. Anda mengutamakan kopi dibandingkan kehidupan sosial Anda

  5. Anda tetap mengkonsumsi kopi walaupun Anda tahu hal ini tidak baik bagi kesehatan Anda.

Lalu apa dampaknya terhadap kesehatan? Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

2 dari 3 halaman

Kafein & Kesehatan Tubuh

Seperti kita ketahui kopi mengandung kafein, kafein ini menduduki sebuah reseptor di otak, sehingga ketika kita mengkonsumsinya otak kita yang tadinya mau beristirahat berada kembali dalam keadaan awas dan siaga, jantung pun berdebar kencang, sehingga kita bisa terjada berjam-jam mengerjakan pekerjaan, atau begadang untuk sekedar menonton sepakbola. 

Jadi terlihat sudah perbedaan kecanduan dan cinta terhadap kopi, yang mana Anda?

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)

 

adithia kwee
Ditulis oleh:
dr. Adithia Kwee
Anggota Redaksi Medis
Klikdokter.com

0 Komentar

Belum ada komentar