Sukses

Marshanda Gangguan Bipolar?

Marak pemberitaan di media mengenai kondisi kejiwaan Marshanda belakangan ini seakan mengerucutkan dugaan pada kondisi bipolar. Benarkah demikian? Simak penjelasan dr. Adithia Kwee selengkapnya disini.

Klikdokter.com - Anda tentu mengenal sosok Charlie Caplin, mendiang pelawak pantomim ini ternyata mengidap gangguan bipolar.

Tak luput pemberitaan tokoh selebritas di Indonesia mengenai Marshanda yang diisukan memiliki gangguan bipolar.

Benarkah demikian? Apa itu gangguan bipolar? Apakah sama dengan gangguan jiwa yang awam kenali?

Apakah dapat mengganggu aktivitas dan masa depan yang bersangkutan?

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

1 dari 3 halaman

Apa itu Gangguan Bipolar?

Gangguan bipolar adalah gangguan jiwa dimana seseorang mengalami episode depresi dan episode manik secara bergantian. Episode manik diartikan sebagai episode dimana terdapat peningkatan mood secara tidak wajar, bicara tanpa henti dan tak kenal lelah, dari luar tampak seperti ceria yang berlebihan.

Gangguan bipolar termasuk ke dalam gangguan mood, mengapa hal ini perlu kita soroti? Karena secara diam-diam gangguan ini mungkin saja diderita oleh orang terdekat kita tanpa kita sadar. Mulailah memahami perbedaan sedih dan depresi, juga ceria dan manik, apalagi ketika seseorang mengalami kedua hal tersebut secara bergantian dalam kurun waktu minggu sampai bulan.

Hal yang dikhawatirkan dari penderita gangguan ini adalah timbulnya ide bunuh diri saat episode depresi sedang berlangsung, jika sang penderita kemudian melakukan ide bunuh diri ini tentu membahayakan jiwanya.

Tidak bisa sembarangan untuk menentukan seseorang mengalami gangguan bipolar. Harus ada penelusuran dan proses diagnosa lebih lanjut oleh pihak berkompetensi. Namun demikian, apakah ada gejala dan tanda yang menjadi indikasi tegas dari kondisi gangguan bipolar?

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

2 dari 3 halaman

Gejala Gangguan Bipolar

Jadi mari kita kenali tanda penderita gangguan bipolar:

  1. Mengalami depresi, terlihat kehilangan minat, murung, cepat lelah dan menarik diri dari lingkungannya selama beberapa minggu sampai bulan. Fungsi sosialnya terganggu secara jelas

  1. Mengalami manik, yaitu peningkatan mood, berbicara cepat dan kadang-kadang loncat dari satu id eke ide lain dengan cepat, secara sadar senang menghamburkan uang walaupun tidak memiliki banyak uang, perilaku ingin menyenangkan semua orang terlihat.

  1. Dua hal di atas harus terjadi secara bergantian, dalam kurun waktu minggu atau bulan. Dan mengganggu fungsi sosial penderita dengan jelas, misalnya pekerjaannya terbengkalai.

Kabar gembira bagi Anda adalah, jika gangguan ini diobati maka penderita dapat menjalani kehidupannya dengan kualitas yang baik, tidak seperti pada gangguan jiwa skizofrenia yang harus diobati seumur hidup. Jadi jika Anda memiliki teman dengan ciri gangguan bipolar, segera ajak ia ke psikiater, karena semakin cepat ditanangani , semakin baik juga kesembuhannya.  

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)   


Ditulis oleh:
dr. Adithia Kwee
Anggota Redaksi Medis
Klikdokter.com

0 Komentar

Belum ada komentar