Sukses

Anggapan yang Salah Tentang Kanker

Percaya atau tidak, tidak sedikit persepsi yang berkembang salah mengenai penyakit kanker di antara kita. Kanker begitu ditakuti sampai-sampai disalahartikan, apa saja anggapan-anggapan yang salah? Berikut beberapa yang paling umum keluar:

Klikdokter.com – Percaya atau tidak, tidak sedikit persepsi yang berkembang salah mengenai penyakit kanker di antara kita. Kanker begitu ditakuti sampai-sampai disalahartikan, apa saja anggapan-anggapan yang salah?

Beberapa anggapan umum yang kurang tepat mengenai kanker diantaranya, "jangan sampai kena kanker deh, belum ada obatnya," atau "eh awas kanker itu menular, jangan dekat-dekat orang yang kena kanker," dan masih banyak lagi anggapan yang salah.

Ketahuilah, anggapan-anggapan yang ada tersebut tidak benar adanya. Bahkan sedikit banyak malah merugikan penderita kanker. Dimana dalam posisi sejatinya justru seharusnya kita berikan dukungan.

Berikut beberapa yang paling umum keluar:, klik 'next' untuk selanjutnya.

1 dari 5 halaman

Anggapan #1: ?Jangan Sampai Deh Saya Kena Kanker, Sudah Pasti Meninggal karena Belum Ada Obatnya?

Salah dan tidak benar. Begitu banyak jenis kanker yang ada dan untuk setiap jenisnya sudah ada pengobatannya! Kemoterapiadalah pengobatan kanker dengan meminum obat yang mengandung zat kimia yang dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Radioterapi adalah pengikisan kanker menggunakan teknik penyinaran. Radioterapi sering disalahartikan sebagai kemoterapi di masyarakat luas. Dan jika ditemukan dalam stadium dini, kanker biasanya akan dioperasi untuk diangkat. Jadi pengobatan untuk kanker ada, bahkan beragam, yang menjadi masalah kanker sering terlambat ditemukan, sehingga pengobatan seringkali gagal mencapai tujuan penyembuhan.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

2 dari 5 halaman

Anggapan #2: ?Jangan Dekat-dekat dengan si Budi, dia Penderita Kanker Paru-paru Stadium 3, Kamu Tidak Mau Tertular kan??

Salah juga. Kanker bukan penyakit menular, kanker tidak akan menular lewat apapun, termasuk darah, cairan sperma, air ludah, tidak melalui apapun! (BacaBahayakah Bila Sperma Tertelan?)

Sekali lagi, kanker bukanlah penyakit yang menular. Kerap kali ekses negatif yang muncul kepada penderita kanker kebanyakan adalah jadi menjauhi dan mengucilkan. Hal ini sangat disayangkan, dimana seharusnya lingkungan sekitar penderita kanker memberikan dukungan dan semangat kepada penderita dalam usaha menyintas penyakit yang dilawannya.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

 

 

3 dari 5 halaman

Anggapan #3: ?Sekali Kena Kanker, Tidak Dapat Sembuh!?

Lagi-lagi salah, kanker dapat disembuhkan, ada istilah yang disebut remisi, artinya kanker berhasil ditekan dan tidak mengancam tubuh penderitanya lagi, tapi jika tidak dikontrol dan dijaga, kanker ini bisa kembali mencuat (relaps), pada beberapa kasus didapati remisi total atau kanker berhasil disembuhkan total!

Kunci penanganan dari penyakit kanker adalah pendeteksian lebih dini. Semakin awal kanker terdeteksi, semakin besar kesempatan kanker untuk sembuh dan pulih. Oleh karena itu penting adanya untuk senantiasa melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala dan rutin.

Klik 'next' untuk selanjutnya. 

4 dari 5 halaman

Anggapan #4: ?Mengerikan Sekali Jajan di Jakarta ini, Banyak Pedagang yang Pakai Formalin, Awas Kena Kanker!?

Nah, kalau pernyataan kali ini benar. Zat yang dapat merusak sel dan memicu keganasan (kanker) dikenal sebagai karsinogen. Dewasa ini penggunaan zat karsinogen di dalam bahan makanan sedang marak, bukan hanya formalin, banyak juga zat-zat lain yang digunakan karena harganya yang murah. (Baca: Mengurangi Risiko Kanker)

Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan paradigma baru kepada Anda mengenai kanker! Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di lamanwebsite kami.[](AK)

Baca juga:
 
adithia kweeDitulis oleh:
dr. Adithia Kwee
Anggota Redaksi Medis
Klikdokter.com

 

0 Komentar

Belum ada komentar