Sukses

Perawatan untuk Kebotakan

Banyak faktor yang mempengaruhi kebotakan. Pengobatan dan penanganan kebotakan pun tergantung dari penyebab dari kasus kebotakan yang terjadi. Apa saja penanganannya? Simak selengkapnya bersama dr. Dewi Ema Anindia disini.

Klikdokter.com – Kebotakan menjadi isu tersendiri bagi sebagian orang. Kebotakan umumnya terjadi pada akhir usia 20 tahun hingga awal usia 30-an. Kira-kira sebanyak 50% pria mengalami masalah kebotakan hingga berakhir pada usia 50 tahunan.

Banyak faktor yang mempengaruhi kebotakan. Pengobatan dan penanganan kebotakan pun tergantung dari penyebab dari kasus kebotakan yang terjadi.

Apa saja penanganannya, klik ‘next’ untuk selanjutnya.

1 dari 5 halaman

Perawatan untuk Kebotakan

Klikdokter.com – Kebotakan menjadi isu tersendiri bagi sebagian orang. Kebotakan umumnya terjadi pada akhir usia 20 tahun hingga awal usia 30-an. Kira-kira sebanyak 50% pria mengalami masalah kebotakan hingga berakhir pada usia 50 tahunan.

Banyak faktor yang mempengaruhi kebotakan. Pengobatan dan penanganan kebotakan pun tergantung dari penyebab dari kasus kebotakan yang terjadi. 

Apa saja penanganannya, klik ‘next’ untuk selanjutnya.

2 dari 5 halaman

Perawatan Kebotakan #1: Minoxidil

Suatu jenis obat yang dijual bebas di pasaran dan telah disetujui oleh FDA. Kerjanya adalah dengan menstimulasi pertumbuhan rambut.

·         Efektivitas:

Minoxidil ternyata terbukti bermanfaat untuk 2 diantara 3 pria. Obat ini sangat efektif bagi Anda yang berusia dibawah 40 tahun atau bagi Anda yang sudah mulai kehilangan rambut.

·         Penggunaan:

Obat ini digunakan dua kali dalam sehari. Obat ini digunakan saat rambut Anda kering, dan gunakan pada tempat-tempat dimana terjadi penipisan rambut. Anda dapat melihat perubahan dalam waktu 4 bulan.

·         Tidak Efektif:

Minoxidil tidak dapat menyembuhkan kebotakan . Saat Anda berhenti menggunakan obat ini, maka Anda akan kehilangan rambut lagi.

·         Efek Samping:

Kemerahan, gatal, kering, pengelupasan dan bentuk iritasi lain pada kulit kepala. Walaupun hal ini jarang terjadi, keadaan ini sering dikeluhkan pada penggunaan mixodili dengan konsentrasi tinggi.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

3 dari 5 halaman

Perawatan Kebotakan #2: Finasteride

Obat ini bekerja dengan cara memberhentikan produksi hormon DHT (dihydrotestosterone) yang disebutkan menjadi sumber penyebab kebotakan pada pria.

·         Efektivitas:  Finasteride sangat efektif. Obat ini bekerja dengan cara memperlambat hilangnya rambut pada 90% pria. Pada 2/3 yang menggunakan obat ini juga terjadi pertmbuhan rambut baru.

·    Penggunaan: Obat ini berbentuk pil. Obat ini biasanya dikonsumsi 1 kali dalam sehari. Biasanya akan dikombinasikan dengan minoxidil.

·       Tidak Efektif: Obat ini tidak dapat menyembuhkan kebotakan. Saat Anda berhenti menggunakan obat ini, maka Anda akan kehilangan rambut lagi.

·       Efek Samping: Obat ini dapat menyebabkan disfungsi ereksi dan beberapa efek gangguan seksual lainnya, walaupun kejadian ini sangatlah jarang. Bila efek ini terjadi, hentikan obat secara cepat. Pada beberapa pria, hilangnya efek samping ini dapat terjadi 3 bulan setelah memberhentikan obat.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

4 dari 5 halaman

Perawatan Kebotakan #3: Biotin

Biotin merupakan suatu vitamin yang penting untuk tubuh Anda. Vitamin ini banyak ditemukan di telur, jamur, hati dan beberapa jenis makanan lainnya. Pernah disebutkan bahwa kadar biotin yang rendah bisa dikatikan dengan kerontokan rambut, walaupun hal ini belum pernah dilakukan penelitian sebelumnya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](EA)

 

Baca juga:

Inilah Bagaimana Proses Ejakulasi Terjadi

Inilah yang Terjadi Jika Seorang Pria Kehilangan Penisnya

5 Tanda Kelainan Penis 

 

Ditulis oleh:

dr. Dewi Ema Anindia

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com

0 Komentar

Belum ada komentar