Sukses

Puasa Sehat dengan Air Kelapa

Berpuasa yang dilakukan dengan baik dan benar dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Ketika berpuasa, tubuh tidak hanya menggunakan glukosa sebagai sumber energi tubuh melainkan juga menggunakan lemak. Lemak tubuh yang dibakar dari penyimpanannya akan berpengaruh terhadap penurunan profil lipid tubuh. Penurunan profil lipid dalam tubuh ini dapat berdampak...

KLIKDOKTER.com - Berpuasa yang dilakukan dengan baik dan benar dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Ketika berpuasa, tubuh tidak hanya menggunakan glukosa sebagai sumber energi tubuh melainkan juga menggunakan lemak. Lemak tubuh yang dibakar dari penyimpanannya akan berpengaruh terhadap penurunan profil lipid tubuh. Penurunan profil lipid dalam tubuh ini dapat berdampak baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, baik untuk mereka yang belum memiliki penyakit jantung dan pembuluh darah maupun yang sudah menderita.

Manfaat sehat dari puasa ini dapat makin diperkuat dengan mengkonsumsi air kelapa selama bulan puasa.

  1. Air Kelapa Membantu Mengontrol Tekanan Darah


    Air kelapa merupakan jenis cairan dari buah yang memiliki kandungan banyak zat aktif yang baik untuk tubuh seperti L-arginine, asam askorbat dan mineral seperti kalsium, magnesium dan kalium. Zat-zat tersebut telah diteliti berguna untuk menurunkan kadar lipid (lemak) dalam darah.

    Dengan menurunnya kadar lemak-lemak tak baik dalam darah dan jaringan maka secara tidak langsung, konsumsi air kelapa dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi.  Pada satu penelitian kecil pada 28 orang dengan hipertensi (tekanan darah tinggi) ditemukan bahwa dengan konsumsi 300 mL air kelapa, 2 kali seminggu memberikan hasil penurunan tekanan darah yang cukup signifikan.
  2. Air Kelapa Dapat Melindungi Jantung
    Para peneliti  berkesimpulan bahwa air kelapa memiliki nutrisi yang berguna sebagai antioksidan dan antitrombotik yang dapat menangani stres oksidatif dan thrombosis yang merupakan 2 faktor penting dalam terbentuknya serangan jantung. Sehingga air kelapa dapat membantu untuk menurunkan kejadian penyakit jantung koroner.

Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi air kelapa saat berpuasa karena khasiat untuk menyehatkan tubuh semakin berlimpah dan puasa pun semakin berkah!

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](JF)

 

dr. Jessica Florencia


Ditulis oleh:

dr. Jessica Florencia

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com

 

Sumber:

  • P Anurag, T Rajamohan. Cardioproctectvie effect of tender coconut water in experimental myocardial infarction. Plant foods for Human Nutrition, 2003: 58 (3), pp 1-12.
  • Vitamins and Lifestyle Guides: Coconut Water. WebMD, October 2012. http://www.webmd.com/vitamins-and-supplements/lifestyle-guide-11/supplement-guide-coconut-water
  • T Alleyne, S Roache, C Thomas, A Shirley. The control of hypertension by use of coconut water and mauby: two tropical food drinks. West Indian Med J, Januari 2005: 54 (1). http://dx.doi.org/10.1590/S0043-31442005000100002.

0 Komentar

Belum ada komentar