Sukses

6 Solusi Nyeri Punggung Bawah

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi nyeri punggung bawah yang kerap mengganggu aktivitas Anda. Simak selengkapnya bersama dr. Jessica Florencia disini.

Klikdokter.com - Keluhan kesehatan yang sering muncul pada anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua adalah nyeri punggung bawah. Keluhan ini mungkin terdengar sepele namun dapat menyebabkan gangguan aktivitas yang cukup bermakna hingga menyebabkan keterbatasan fisik.

Ada banyak penyebab keluhan nyeri punggung bawah, bahkan seringkali memang penyebab nyeri punggung bawah sulit untuk ditentukan. Namun demikian, pada prinsipnya keluhan nyeri punggung bawah sebenarnya dapat dicegah.

Beberapa tips untuk mencegah perkembangan keluhan nyeri punggung bawah adalah sebagai berikut.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

1 dari 8 halaman

6 Solusi Nyeri Punggung Bawah

Klikdokter.com - Keluhan kesehatan yang sering muncul pada anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua adalah nyeri punggung bawah. Keluhan ini mungkin terdengar sepele namun dapat menyebabkan gangguan aktivitas yang cukup bermakna hingga menyebabkan keterbatasan fisik.

Ada banyak penyebab keluhan nyeri punggung bawah, bahkan seringkali memang penyebab nyeri punggung bawah sulit untuk ditentukan. Namun demikian, pada prinsipnya keluhan nyeri punggung bawah sebenarnya dapat dicegah.

Beberapa tips untuk mencegah perkembangan keluhan nyeri punggung bawah adalah sebagai berikut.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

2 dari 8 halaman

Solusi #1: Mempraktikkan Posisi yang Benar Dalam Mengangkat Beban Berat.

Banyak yang menyadari, kebiasaan posisi mengangkat beban berat yang salah sering dilakukan. Ketahuilah, postur dan posisi yang salah tersebut memicu dan memperparah kondisi nyeri punggung bawah yang terjadi.

 

Posisi dan postur yang dianjurkan ketika mengangkat beban berat.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

 

3 dari 8 halaman

Solusi #2: Mempertahankan Posisi yang Benar Saat Sedang Duduk

Sebagian besar pencetus dari nyeri punggung bawah memang dari kebiasaan-kebiasaan memelihara postur tubuh yang salah dan tidak tepat mendukung kesehatan punggung. Salah satunya adalah postur duduk yang salah.

Ikuti panduan postur yang dianjurkan berikut ini guna memperkecil risiko munculnya nyeri punggung bawah ketika dalam posisi duduk.

Posisi dan postur yang benar saat duduk.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

 

4 dari 8 halaman

Solusi #3: Mempertahankan Posisi yang Benar Saat Sedang Duduk di Kursi Kantor

Jika Anda adalah termasuk yang sedikit beraktivitas dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk dibelakang meja di kantor, maka besar kemungkinan pencetus utama keluhan nyeri punggung bawah Anda adalah posisi dan postur duduk yang salah.

Posisi dan postur yang benar saat duduk di kursi kantor.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

5 dari 8 halaman

Solusi #4: Mempertahankan Posisi yang Benar Saat Sedang Berdiri

Banyak yang merasakan berkurangnya keluhan nyeri punggung bawah ketika berdiri. Namun tidak sedikit juga yang merasakan muncul kembali keluhan nyeri punggung bawah bahkan ketika setelah 10 menit berdiri.

Tak ayal, hal ini besar kemungkinan disebabkan oleh postur berdiri yang salah. Untuk mengurangi risiko munculnya nyeri punggung bawah, ikuti saran postur dan posisi berdiri yang dianjurkan untuk kesehatan punggung Anda.

Postur yang benar saat berdiri

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

6 dari 8 halaman

Solusi #5. Mencermati Postur yang Benar Saat Tidur

Tidak hanya ketika aktif beraktivitas, nyeri punggung bawah juga difaktori oleh posisi dan postur tidur Anda. Cobalah tidur dengan postur dan posisi yang sesuai dengan kenyamanan Anda, tanpa meninggalkan risiko mencederai punggung bawah Anda.

Posisi dan postur tidur yang dianjurkan adalah sebagai berikut:

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

7 dari 8 halaman

Solusi #6: Tips Mengurangi Nyeri Punggung Bawah

Untuk memudahkan perawatan dan pencegahan nyeri punggung bawah Anda dapat lakukan kiat berikut ini:

  • Berolahraga secara teratur untuk memastikan kebugaran otot-otot tubuh dan tentu saja dengan didahului oleh pemanasan yang baik sebelum melakukan olahraga.

  • Tidak merokok.

  • Mempertahankan berat badan ideal.

  • Menghindari ketegangan dan stres emosional yang dapat menyebabkan ketegangan otot.

Dengan posisi dan postur yang benar dalam beraktivitas maka nyeri punggung bawah dapat dihindari. Namun jika sudah terjadi maka penanganan yang menyeluruh harus meliputi diagnosis yang tepat terkait penyebab, pemberian obat-obat pereda rasa nyeri dan rehabilitasi medic untuk mengembalikan fungsi gerakan normal dan juga mencegah terjadinya nyeri punggung bawah ulangan.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](JF)

 
Baca juga:
 
Diulas oleh:
dr. Jessica Florencia
Anggota Redaksi Medis
Klikdokter.com

0 Komentar

Belum ada komentar