Sukses

Hindari 7 Hal ini Selama Berpuasa

Selama berpuasa, kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh. Jangan sampai berat badan malah bertambah, stamina dan prestasi kerja berkurang atau aktivitas menjadi rendah. Untuk itu, ada beberapa hal yang sebaiknya kita hindari dalam bulan suci Ramadhan ini. Simak selengkapnya bersama dr. Jessica Florencia disini

Klikdokter.com - Selama berpuasa, kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh. Jangan sampai berat badan malah bertambah, stamina dan prestasi kerja berkurang atau aktivitas menjadi rendah. Untuk itu, ada beberapa hal yang sebaiknya kita hindari dalam bulan suci Ramadhan ini.

1.       Hindari Melewatkan Sahur

Melewatkan sahur dapat membuat Anda lemas dan lesu sepanjang hari dan berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan yang berat. Untuk itu, pastikan Anda sahur dengan makanan-makanan tinggi serat dan rendah lemak agar Anda memiliki cadangan energi yang cukup dan tidak menyebabkan gangguan pencernaan. Hindari juga sahur terlalu awal agar cadangan makanan dan energi dapat disimpan lebih efektif untuk 14 jam ke depan.

2.       Hindari Teh dan Kopi

Teh dan kopi merupakan 2 jenis minuman yang bersifat diuretik sehingga dapat menyebabkan Anda sering buang air kecil dan mengeluarkan cadangan cairan dalam tubuh. Air putih, cairan elektrolit atau susu rendah lemak dapat menjadi pilihan minuman untuk menemani santap sahur Anda.

3.       Hindari MSG dan Garam Berlebihan

Makanan yang mengandung garam dan MSG berlebihan dapat memicu rasa haus berlebihan sehingga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman saat berpuasa. Untuk itu, alangkah baik untuk membatasi asupan garam dan MSG dalam makanan santap sahur Anda. (Baca: 4 Cara Agar Tidak Mudah Haus Ketika Berpuasa)

4.       Hindari Makanan yang Terlalu Pedas dan Terlalu Berbumbu

Makanan yang terlalu pedas dan berbumbu dapat merangsang gangguan pencernaan apalagi pada mereka dengan penyakit pencernaan. (Baca: 4 Trik Memenuhi Kebutuhan Cairan Selama Berpuasa)

5.       Hindari Berbuka dengan Porsi Besar

Berbuka dengan porsi besar dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sakit perut dan mual. Makanlah secara bertahap saat berbuka puasa sehingga sistem pencernaan Anda memiliki waktu untuk membiasakan diri mencerna makanan dan minuman yang masuk. (Baca: Saran Dokter untuk Menu Sahur dan Buka Puasa yang Sehat)

6.       Hindari Konsumsi Minuman Bersoda

Minuman bersoda dapat membuat Anda merasa kembung dan tidak nyaman. Selain itu kandungan gula sederhana yang tinggi dapat membuat Anda cepat merasa kenyang namun tidak memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan. Keasaman dalam minuman bersoda juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

7.       Hindari Makanan Manis Berlebihan

Hindari berbuka puasa dengan makanan manis berlebihan karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan selama bulan puasa tanpa Anda sadari. (Baca: 5 Nutrisi Pencegah Berat Badan Naik Saat Puasa)

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami. Selamat berpuasa![](JF)

Baca juga:

 
Ditulis oleh:
dr. Jessica Florencia
Anggota Redaksi Medis
Klikdokter.com

0 Komentar

Belum ada komentar