Sukses

Awas! Kurang Tidur Gara-gara Begadang Bisa Bikin Bodoh

Begadang menimbulkan dampak yang mengancam karir Anda di kantor. Pasalnya, begadang ternyata membuat performa menurun, sehingga membuat kelancaran kinerja terganggu. Simak bagaimana kiat begadang sehat ala dokter, bersama dr. Dewi Ema Anindia disini.

Klikdokter.com – Amerika mengalami kerugian sebesar 4,5 Triliun Rupiah selama Piala dunia Brazil 2014. Angka ini muncul dengan perhitungan karena karyawan banyak yang mangkir kerja dan nonton pertandingan saat di kantor.  Di Indonesia belum ada yang menghitung kerugian tersebut tetapi kasus orang mangkir kerja karena begadang banyak disebabkan karena daya tahan tubuhnya drop.

Dan saat ini Piala dunia masih berlangsung, tinggal menyisakan partai-partai puncak. Tentunya Anda juga tidak ingin ketinggalan satu pun pertandingannya bukan? Artinya, Anda harus begadang lagi sampai partai final nanti. 

Masalahnya Anda tetap harus bekerja pada pada esok harinya dan pekerjaan menuntut Anda untuk selalu bugar dan konsentrasi. Tidak ada dispensasi untuk datang telat karena anda kelelahan begadang  ataupun melakukan kesalahan karena kurang konsentrasi. Hal yang harus diperhatikan dalam menyiasati situasi ini adalah mengatur pola tidur dan asupan makanan kita sehingga bisa membuat daya tahan tubuh tidak turun dan tetap konsentrasi.

Begadang yang mengakibatkan kurang tidur tidak hanya akan mengganggu aktivitas Anda, tapi lebih jauh juga memberikan risiko dan dampak tersendiri pada kesehatan tubuh.  Menurut The National Sleep Foundation, orang dewasa sebaiknya mendapatkan tidur antara 7 hingga 9 jam dalam satu hari dan angka ini dapat berubah sesuai dengan usia.

The National Sleep Foundation menyebutkan bahwa meningkatnya angka kecelakaan juga berhubungan dengan kurangnya tidur. Pada tahun 2011, Centers for Disease Control menemukan bahwa sebanyak 70 juta orang dewasa menderita gangguan tidur termasuk insomnia, narcolepsy, sleep apnea dan restless leg syndrome.

Tidur sangat berpengaruh terhadap kelangsungan tubuh kita oleh karena itu tidur merupakan hal yang sangat penting. Nah, beberapa hal yang dapat terjadi bila kita kurang tidur  adalah:

  • Mengurangi imunitas tubuh

Penelitian yang dilakukan di JAMA Internal Medicine yang melakukan penelitian terhadap 300 orang yang terkena virus flu menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 7,5 jam memiliki risiko untuk terkena flu.

  • Menurunnya Tingkat Konsentrasi

Sebuah lembaga riset di Australia pernah mencatat pada sebuah peristiwa kontes The Rocking Chair Marathon, di Australia, yakni rekor seseorang tidak tidur yakni 18 hari, 21 jam dan 40 menit. Sang pemegang rekor dunia dicatat mengalami gejala halusinasi, paranoid, pandangan mengabur, kemampuan bicara melantur, ingatan memudar dan kemampuan konsentrasi menghilang.

Tak ubahnya kita yang mengalami penurunan jam tidur, akibat begadang bisa mengakibatkan menurunnya kemampuan otak. Bahkan lebih jauh, hal ini dikhawatirkan dapat merusak kesempurnaan performa kinerja di kantor dan mengancam karir Anda.

Memang dijadwal kita yang cukup sibuk sulit untuk menentukan waktu untuk tidur bahkan terkadang sulit sekali untuk tidur 7 – 9 jam dalam sehari, oleh karena itu bila memang Anda kurang tidur jaga daya tahan tubuh Anda dengan konsumsi makanan bergizi serta olahraga.

Guna mengimbangi kendala tubuh yang ada akibat begadang, ada baiknya Anda mencuri asupan makanan yang memiliki kaya kandungan Peptida. Dimana kandungan ini merupakan zat aktif yang dapat membantu daya tahan tubuh  Anda. Peptida bekerja dengan memberikan fungsi peningkatan kognitif otak. Tentunya hal ini dapat membantu fokus dan stamina dalam keseharian berkantor.

Ayam, Sumber Nutrisi Kaya Peptida

Dari sebuah penelitian yang di terbitkan di Journal of Physiological Anthropology, Jumat (28/2/2014), para peneliti menunjukkan bahwa daging ayam mengandung beberapa peptida penting yang berguna untuk menjaga fungsi otak. Seperti disebutkan dalam jurnal tersebut, di antaranya adalah CAR dan ANS.

Menurut para peneliti, asam amino yang terkandung dalam peptida tersebut dibutuhkan untuk mensitesis cerebral neurotransmitter. Makin banyak neurotransmitter terbentuk, kebugaran otak akan semakin terjaga sehingga tidak mudah kehilangan konsentrasi

Jadi apabila kita melakukan begadang tanpa diimbangi dengan pola tidur yang benar dan makan yang bergizi, akan berdampak pada performa tubuh kita, sehingga daya tahan tubuh mudah turun dan berakibat konsentrasi kerja berkurang yang semakin membuat kita banyak melakukan kesalahan.

Kesalahan-kesalahan yang timbul disebabkan karena kita kurang konsentrasi, padahal kemampuan konsentrasi merupakan penunjang pekerjaan sehari-hari. Jangan sampai begadang membawa dampak kita tampak bodoh di hadapan orang lain terutama atasan Anda. Begadanglah dengan bijak!

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami. Budayakan hidup sehat sebagai kebutuhan![](EA/DA/ADV)

 
Diulas oleh:
dr. Dewi Ema Anindia
Anggota Redaksi Medis
Klikdokter.com

0 Komentar

Belum ada komentar