Sukses

Praktis, Inilah Cara Agar Tidak Haus saat Puasa

Apakah Anda salah satu orang yang sering merasa kesulitan untuk mengendalikan rasa haus saat puasa? Jika ya, ini solusi yang bisa Anda terapkan!

Banyak yang bilang bahwa bagian paling sulit dari berpuasa di bulan Ramadan adalah menahan haus. Hal ini khususnya dirasakan saat siang hari, ketika matahari sedang berada ‘di atas kepala’. Apakah Anda termasuk orang-orang yang kesulitan menahan haus saat puasa?

Tenang tidak perlu khawatir. Kesulitan menahan haus saat puasa adalah hal yang wajar terjadi. Karena pada dasarnya, 60-70% tubuh manusia terdiri dari air. 

Nah, puasa mewajibkan Anda untuk tidak makan dan minum hingga waktu terbenam matahari (magrib) sehingga tubuh bisa saja kekurangan pasokan cairan, khususnya jika Anda tidak melakukan persiapan yang matang di waktu sahur.

Apa yang Terjadi pada Tubuh Ketika Haus?

Menurut dr. Devia Irine Putri, haus sebenarnya merupakan tanda dari tubuh yang kekurangan cairan. Sensasi ini diatur oleh pusat rangsang di hipotalamus otak. 

"Perubahan volume cairan tubuh yang menyebabkan perubahan detak jantung (awalnya naik) dan tensi jadi turun. Tetapi, karena tubuh tetap bekerja tanpa ada cairan pengganti, maka tubuh berusaha mempertahankan diri dengan cara merombak sel-sel dan elektrolit yang ada," kata dr. Devia.

“Kalau kondisi tersebut dibiarkan terjadi secara terus-menerus, akhirnya tubuh akan jatuh ke status dehidrasi berat sampai syok,” sambungnya.

Artikel Lainnya: 5 Jenis Olahraga Paling Ideal saat Berpuasa

1 dari 2 halaman

Cara agar Tidak Haus Saat Puasa

Tidak ingin aktivitas dan ibadah selama puasa terganggu rasa haus berlebih? Berikut ini cara mencegah haus saat puasa dari dr. Devia:

  1. Atur Minum Ketika Sahur dan Berbuka Puasa

Anda disarankan untuk minum sebanyak 8 gelas air putih dalam satu hari. Tentu saja, selama berpuasa, Anda mesti mencukupi kebutuhan tersebut saat sahur dan berbuka.

"Jadi bisa di atur,  2 gelas saat sahur, 2 gelas saat buka, 2 gelas setelah tarawih, 2 gelas sebelum tidur," saran dr. Devia Irine.

  1. Kurangi Aktivitas yang Mengeluarkan Banyak Keringat

Meski puasa, Anda dituntut untuk tetap beraktivitas. Akan tapi, Anda harus sebisa mungkin menghindari untuk melakukan aktivitas berat, apalagi di bawah sinar matahari. 

Jika Anda ingin olahraga, sebaiknya lakukan di waktu menjelang buka puasa. Ini bertujuan agar rasa haus dan lelah bisa segera ‘terbayarkan’ saat bedug magrib tiba.

  1. Perbanyak Makan Buah dan Sayur saat Sahur

Sayur maupun buah kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Selain itu, beberapa jenis sayur dan buah juga kaya akan air yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh Anda. 

Beberapa buah dan sayur yang tinggi akan kandungan air, misalnya semangka, timun, dan semangka. 

Artikel Lainnya: 5 Kebiasaan Sehat yang Tidak Boleh Ditinggalkan Saat Puasa

  1. Hindari Makanan Pedas dan Asin Dulu

Pada saat berbuka dan sahur, lebih baik hindari makanan pedas dan asin. Dua jenis makanan tersebut bisa mengganggu saluran pencernaan Anda, sehingga berpotensi menyebabkan kekurangan cairan dan energi.

  1. Lebih Sering Mandi atau Membasahi Diri 

Supaya tidak cepat haus saat puasa, Anda bisa mandi lebih sering atau berendam pakai air dingin.

“Anda juga bisa membasahi diri dengan cuci wajah, pakai face mist, atau kompres air es," ujar dr. Devia.

  1. Hindari Kafein saat Sahur

Kafein adalah senyawa yang bersifat diuretik alias bisa menarik cairan untuk keluar dari tubuh. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi asupan berkafein saat sahur.

Beberapa contoh asupan mengandung kafein, misalnya kopi, teh, soda, dan cokelat. Sebaiknya, dihindari, ya. 

  1. Pakai Baju yang Berbahan Tipis dan Berwarna 

Pilihlah pakaian yang berbahan tipis dan mudah menyerap keringat. Pastikan juga pakaian yang dipilih memiliki warna yang cerah. 

Pasalnya, pakaian berwarna gelap lebih mudah ‘menyerap’ panas matahari sehingga rentan membuat penggunanya kegerahan.

  1. Pasang Kipas Angin atau AC 

Kipas angin atau AC dapat Anda jadikan sebagai media untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Dengan kondisi ruangan yang demikian, rasa haus pun tidak akan mudah datang.

Demikian beberapa cara agar tidak haus saat puasa yang bisa Anda terapkan secara saksama. Jangan sampai lupa untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi saat sahur maupun berbuka puasa.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak mengenai tips sahur agar tidak haus saat puasa, tak perlu sungkan untuk bertanya langsung pada dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Tanpa dipungut biaya, lho!

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar