Sukses

Praktis, Inilah Cara Agar Tidak Haus saat Puasa

Puasa terasa berat karena Anda kesulitan menahan rasa haus? Tak perlu panik, berikut ini beberapa cara agar tidak haus saat puasa.

Salah satu bagian yang dianggap paling sulit dari berpuasa adalah menahan haus. Hal ini wajar terjadi, kok.

Puasa mewajibkan Anda untuk tidak makan dan minum hingga magrib, sehingga tubuh bisa saja kekurangan pasokan cairan, khususnya jika tidak melakukan persiapan matang saat sahur.

Pada dasarnya, 60-70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Dengan jumlah yang besar tersebut, Anda perlu mengatur asupan makanan dan minuman selama sahur dan berbuka puasa, serta melakukan tips lainnya yang membantu mengurangi haus.

Bagaimana cara agar tidak haus saat puasa? Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:

1 dari 11 halaman

1. Atur Asupan Minum Ketika Sahur dan Berbuka Puasa

Cara menahan haus saat puasa yang pertama adalah minum sebanyak 8 gelas air putih dalam 1 hari. Meskipun berpuasa, Anda tetap harus mencukupi kebutuhan tersebut saat sahur dan berbuka.

Anda bisa mengatur konsumsi air putih dengan minum air 2 gelas saat sahur, 3 gelas saat berbuka, dan 3 gelas sebelum hingga setelah tarawih.

Artikel Lainnya: Kebiasaan Buruk Saat Puasa yang Harus Anda Hindari

2 dari 11 halaman

2. Kurangi Aktivitas yang Mengeluarkan Banyak Keringat

Beberapa aktivitas biasanya tetap dilakukan saat berpuasa. Akan tetapi, sebisa mungkin hindari melakukan aktivitas berat, apalagi di bawah sinar matahari. Hal tersebut adalah salah satu cara agar tidak cepat haus saat puasa, lho.

Jika ingin olahraga, sebaiknya lakukan menjelang buka puasa. Ini bertujuan agar rasa haus dan lelah bisa segera terbayarkan saat bedug magrib tiba.

3 dari 11 halaman

3. Perbanyak Makan Buah dan Sayur Saat Sahur

Sayur maupun buah kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Beberapa jenis sayur dan buah juga kaya akan air yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh Anda. 

Sebagai cara menghilangkan haus saat puasa, konsumsilah beberapa buah dan sayur yang tinggi akan kandungan air, misalnya semangka dan timun. 

4 dari 11 halaman

4. Hindari Makanan Pedas dan Asin

Cara agar tidak mudah haus saat puasa selanjutnya adalah menghindari makanan pedas dan asin. Meskipun menggoda, namun saat sahur lebih baik hindari kedua makanan tersebut. 

Selain dapat menyebabkan haus, kedua jenis makanan tersebut bisa mengganggu saluran pencernaan Anda. Hal ini berpotensi menyebabkan kekurangan cairan dan energi.

Artikel Lainnya: Manfaat Puasa untuk Kesehatan Fisik dan Mental

5 dari 11 halaman

5. Lebih Sering Mandi atau Membasahi Diri

Agar tidak cepat haus saat puasa, coba mandi lebih sering atau berendam air dingin. Air dingin dapat membantu menurunkan suhu tubuh, terutama saat cuaca panas.

Anda juga bisa membasahi diri dengan mencuci wajah, menggunakan face mist, atau mengompres wajah dengan air es.

6 dari 11 halaman

6. Hindari Kafein Saat Sahur

Kafein adalah senyawa bersifat diuretik alias bisa menarik cairan untuk keluar dari tubuh. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi asupan berkafein saat sahur.

Cairan yang bersifat diuretik dapat membuat Anda lebih sering buang air kecil, sehingga dapat lebih cepat haus. 

Selain kopi, beberapa contoh asupan lain yang mengandung kafein misalnya teh, soda, dan cokelat. Sebaiknya dihindari saat sahur, ya. 

7 dari 11 halaman

7. Pakai Baju Berbahan Tipis dan Berwarna Cerah

Pilihlah pakaian yang berbahan tipis dan mudah menyerap keringat ketika berpuasa. Pastikan juga pakaian yang dipilih memiliki warna cerah. 

Pasalnya, pakaian berwarna gelap lebih mudah “menyerap” panas matahari, sehingga rentan membuat Anda kegerahan dan akhirnya mudah haus.

Artikel Lainnya: Penyebab Sering Mengalami Nyeri Otot Saat Puasa

8 dari 11 halaman

8. Pasang Kipas Angin atau AC

Suhu lingkungan yang panas dapat membuat lebih cepat haus. Maka itu, usahakan buat suhu ruangan terasa lebih sejuk.

Salah satu cara menahan haus saat puasa adalah menyalakan kipas angin atau AC. Dengan kondisi ruangan yang sejuk, rasa haus pun tidak akan mudah datang.

9 dari 11 halaman

9. Jauhi Sinar Matahari

Ketika berpuasa, disarankan untuk sebisa mungkin menghindari sinar matahari. Paparan sinar matahari yang terik saat berada di luar ruangan dapat membuat kegerahan, berkeringat, dan mudah haus.

Jika memungkinkan, lebih baik Anda beraktivitas di dalam ruangan sebagai salah satu cara agar tidak cepat haus saat puasa.

10 dari 11 halaman

10. Konsumsi Yoghurt

Selain nikmat dan sehat, Anda juga dapat mengonsumsi yoghurt sebagai salah satu cara agar tidak haus saat puasa. 

Yoghurt mengandung 85 persen air, sehingga dapat dikonsumsi saat sahur. Namun, sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut kosong, ya.

Demikian beberapa cara agar tidak cepat haus saat puasa. Jangan sampai lupa untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi saat sahur maupun berbuka puasa!

Ingin tahu lebih banyak mengenai tips sahur dan berbuka puasa lainnya? Download aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa konsultasi kepada dokter via Live Chat.

(FR/NM)

0 Komentar

Belum ada komentar