HomeGaya hidupSehat dan BugarJangan Langsung Tidur Setelah Makan Sahur!
Sehat dan Bugar

Jangan Langsung Tidur Setelah Makan Sahur!

dr.Nadia Octavia, 05 Jul 2014

Ditinjau Oleh dr.Nadia Octavia

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tapi tahukah Anda, kebiasaan tidur persis setelah makan sebenarnya sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh? Yuk simak selengkapnya bersama dr. Nadia Octavia disini.

Jangan Langsung Tidur Setelah Makan Sahur!

Klikdokter.com - Mungkin ini yang sering Anda lakukan: setelah makan kenyang, Anda mengantuk lalu tertidur. Memang nikmat sekali rasanya. Terlebih ketika setelah sahur di bulan puasa, seringkali kita tidur terlelap setelah makan sahur yang mengenyangkan.

Tapi tahukah Anda, kebiasaan tidur persis setelah makan sebenarnya sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh?

Tidak ketinggalaln, selain tidur setelah makan, masih ada banyak lagi kebiasaan-kebiasaan kita yang sebetulnya nikmat tapi kenyataannya justru membahayakan kesehatan.

Sebetulnya kebiasaan apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan?

1. Tidur Setelah Makan

Jika Anda langsung tidur setelah makan, makanan yang Anda konsumsi tidak akan dapat tercerna dengan baik. Terlebih lagi jika Anda sehabis mengonsumsi makanan yang berlemak. Makanan yang berlemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dalam tubuh.

Oleh karena itu sangatlah tidak dianjurkan jika Anda langsung tidur setelah makan. Hal ini juga dapat memicu terjadinya GERD atau gastroesophageal reflux disease, yaitu regurgitasi atau naiknya asam lambung ke kerongkongan.

2. Mandi Setelah Makan

Mengapa mandi? Ternyata pada suatu penelitian dibuktikan bahwa mandi atau berendam setelah makan dapat memperlambat pencernaan makanan.

Aliran darah ke lambung akan teralih ke bagian tubuh yang lain selama mandi sehingga akan menganggu pencernaan makanan.

3. Makan Buah-buahan Setelah Makan

Berbagai jenis buah-buahan akan dicerna dengan kecepatan yang berbeda-beda.

Buah-buahan sebaiknya dikonsumsi terlebih dahulu 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.

Buah-buahan tidak dapat dicerna secara benar jika Anda langsung mengkonsumsinya setelah makan.

4. Minum Teh Setelah Makan

Teh bersifat asam dan dapat mempengaruhi proses pencernaan. Jika Anda makan protein misalnya daging, asam dari teh dapat menyebabkan protein tidak dapat tercerna dengan baik. Minum teh segera setelah makan juga dapat mengganggu penyerapan besi oleh tubuh. Cobalah untuk menghindari minum teh satu jam sebelum dan sesudah makan.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter KlikDokter di laman website kami. Budayakan hidup sehat sebagai kebutuhan![](NO)

Tidur setelah makan

Konsultasi Dokter Terkait