Sukses

Fakta & Mitos Cara Makan yang Salah

Makan buah yang benar itu sesudah makan apa sebelum makan besar sih? Segelas wine sehari beneran bikin sehat? Makan yang manis-manis akibatnya kena diabetes? Ternyata banyak yang belum tahu jawaban fakta sebenarnya seputar pertanyaan-pertanyaan diatas. Simak selengkapnya disini.

Klikdokter.com – Makan buah yang benar itu sesudah makan apa sebelum makan besar sih? Segelas wine sehari beneran bikin sehat? Makan yang manis-manis akibatnya kena diabetes? Ternyata banyak yang belum tahu jawaban fakta sebenarnya seputar pertanyaan-pertanyaan diatas.

Contohnya, masih banyak pemahaman yang salah seputar fakta dan mitos soal bagaimana wine dapat memberikan manfaat kesehatan kepada tubuh manusia. Dengan dalih kesehatan, tidak sedikit orang yang menjadikan kebiasaan minum wine rutin dalam sepekan sampai 2 gelas, padahal faktanya tidak demikian.

Ingin tahu fakta sebenarnya bagaimana wine dapat memberikan manfaat kesehatan pada tubuh?

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

1 dari 6 halaman

Fakta & Mitos Cara Makan yang Salah

Klikdokter.com – Makan buah yang benar itu sesudah makan apa sebelum makan besar sih? Segelas wine seharibeneran bikin sehat? Makan yang manis-manis akibatnya kena diabetes? Ternyata banyak yang belum tahu jawaban fakta sebenarnya seputar pertanyaan-pertanyaan diatas. 

Contohnya, masih banyak pemahaman yang salah seputar fakta dan mitos soal bagaimana wine dapat memberikan manfaat kesehatan kepada tubuh manusia. Dengan dalih kesehatan, tidak sedikit orang yang menjadikan kebiasaan minum wine rutin dalam sepekan sampai 2 gelas, padahal faktanya tidak demikian.

Ingin tahu fakta sebenarnya bagaimana wine dapat memberikan manfaat kesehatan pada tubuh?

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

2 dari 6 halaman

Mitos 1: Buah Sebaiknya Dimakan Sebelum Makan. Bukan Sesudah Makan

Mitos yang berkembang di masyarakat adalah buah dianjurkan dimakan ketika perut kosong; karena jika dimakan dengan makanan lain dapat menyebabkan fermentasi dan membusuk di lambung.

Fakta: Mitos tersebut tidak sepenuhnya benar. Buah-buahan dapat dimakan kapan saja dan dapat dimakan dengan makanan lain.

Tubuh memproduksi enzim pencernaan yang dapat mencerna karbohidrat, protein dan lemak. Lambung sendiri terdiri dari asam hidroklorida yang yang tinggi, sehingga kebanyakan bakteri dapat langsung terbunuh sebelum menjadi fermentasi.

Walaupun memang dianjurkan buah dikonsumsi 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan agar proses pencernaannya maksimal.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

3 dari 6 halaman

Mitos 2: Anda akan Terkena Diabetes, Jika Suka Makan Makanan Manis

Fakta: Mitos ini tidak sepenuhnya benar. Jika Anda mengonsumsi makanan manis atau tinggi gula, Anda tidak serta merta langsung terkena diabetes.

Asalkan dikonsumsi dalam batas yang wajar, makanan manis tidak akan menyebabkan diabetes.

Namun memang benar jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah berlebih dapat berujung pada obesitas yang merupakan suatu faktor risiko utama dari diabetes.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

4 dari 6 halaman

Mitos 3 : Semua Lemak yang Ada Di Dalam Ikan Merupakan 'Lemak Baik'

Fakta: Hanya sekitar 30 persen lemak yang ada pada ikan merupakan ‘lemak baik’ (Kolesterol HDL), walaupun sebetulnya juga bergantung dari jenis dan tipe ikannya.

Sisanya merupakan ‘lemak jahat’ (Kolesterol LDL) yang dapat meningkatkan kolesterol dan dapat meningkatkan masukan kalori.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

5 dari 6 halaman

Mitos 4 : Segelas Wine Sehari Baik untuk Tubuh

Fakta: Hal ini tidak sepenuhnya benar. Wanita yang mengkonsumsi alkohol setiap hari dapat berisiko lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang tidak pernah mengkonsumsi alkohol. Alkohol yang dikonsumsi setiap hari juga dapat merusak hati. Namun wine, terutama red wine, mengandung antioksidan polifenol yang dapat membantu mencegah atherosklerosis atau penyumbatan pada jantung. Jika Anda bukanlah seorang peminum, polifenol juga dapat ditemui pada dark chocolate, teh, delima dan bluberi.  

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami. Budayakan hidup sehat sebagai kebutuhan![](NO)

Ditulis oleh:
dr. Nadia Octavia
Anggota Redaksi Medis
Klikdokter.com

0 Komentar

Belum ada komentar