Sukses

Ini Dia Biang Kerok Nyeri Ulu Hati

Apakah Anda sering mengeluh nyeri pada ulu hati? Nyeri ini dirasakan seperti nyeri panas dan rasa terbakar yang timbul pada daerah perut tengah Anda yang dapat menyebar ke leher. Nyeri itu dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti penyakit maag dan penyakit GERDs.

Klikdokter.com - Apakah Anda sering mengeluh nyeri pada ulu hati?  Nyeri ini dirasakan seperti nyeri panas dan rasa terbakar yang timbul pada daerah perut tengah Anda yang dapat menyebar ke leher.

Nyeri itu dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti penyakit maag dan penyakit GERD. Dua penyakit ini tidak bisa disepelekan, pasalnya GERD jika dibiarkan dapat menjerumuskan Anda ke penyakit kanker esofagus. (Baca: Sering Asam Lambung, Awas Bisa Kanker!)

Namun jangan khawatir, berikut ini ada beberapa info yang bermanfaat bagi Anda mengenai apa-apa saja yang menyebabkan nyeri ulu hati yang ada.

Nah, bagaimana cara mencegah nyeri ulu hati?

Cobalah untuk menghindari cara makan atau makanan yang ditulis dibawah ini.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

 
1 dari 9 halaman

Ini Dia Biang Kerok Ulu Hati

Klikdokter.com - Apakah Anda sering mengeluh nyeri pada ulu hati?  Nyeri ini dirasakan seperti nyeri panas dan rasa terbakar yang timbul pada daerah perut tengah Anda yang dapat menyebar ke leher.

Nyeri itu dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti penyakit maag dan penyakit GERD. Dua penyakit ini tidak bisa disepelekan, pasalnya GERD jika dibiarkan dapat menjerumuskan Anda ke penyakit kanker esofagus. (BacaSering Asam Lambung, Awas Bisa Kanker!)

Namun jangan khawatir, berikut ini ada beberapa info yang bermanfaat bagi Anda mengenai apa-apa saja yang menyebabkan nyeri ulu hati yang ada.

Nah, bagaimana cara mencegah nyeri ulu hati?

Cobalah untuk menghindari cara makan atau makanan yang ditulis dibawah ini.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

2 dari 9 halaman

1. Jangan Terlalu Banyak Makan

Selain jenis makanan yang Anda konsumsi, coba pikirkan jumlah yang Anda konsumsi. Konsumsi makanan yang banyak juga dapat memicu timbulnya nyeri ulu hati. Coba makan dengan porsi yang lebih kecil. (Baca: 6 Makanan Pencegah Perut Kembung)

Makan sekaligus banyak dalam satu kali makan lebih berisiko menyebabkan kegemukan dibandingkan makan dalam porsi kecil namun dengan interval waktu yang tertib. 

Obesitas dapat meningkatkan tekanan dalam perut dan menyebabkan isi lambung naik ke tenggorokan. Makanan dalam porsi besar juga dapat meningkatkan tekanan perut dan menyebabkan hal yang sama.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

3 dari 9 halaman

2. Jangan Makan Tergesa-Gesa

 

Apakah Anda sering makan cepat-cepat? Mengkonsumsi makanan secara tergesa-gesa dapat memicu terjadinya nyeri ulu hati.

Cobalah untuk pelan-pelan saat Anda mengkonsumsi makanan. Tidak salahnya untuk menikmati sebuah hidangan yang tidak lain merupakan sebuah sesuatu hal yang dapat Anda syukuri.

Kunyah baik-baik makanan yang ada, hindari juga untuk mengunyah makan dalam satu suapan yang besar. 

Klik 'next' untuk selanjutnya.

 

4 dari 9 halaman

3. Hindari Makanan Berlemak

 

Makanan yang tinggi akan lemak dapat tinggal dalam lambung lebih lama, dan semakin lama makanan berada dalam lambung maka dapat menimbulkan rasa tidak nyaman yang lama.

Bila Anda mengkonsumsi makanan tinggi lemak yang banyak (seperti ayam goreng atau kentang goreng) hal ini yang dpaat memicu timbulnya nyeri ulu hati. (Baca: Awas Gagal Ereksi Karena Kebanyakan Makan)

Klik 'next' untuk selanjutnya.

 
5 dari 9 halaman

4. Hindari Makanan Dengan Asam Tinggi

 

Hindari makanan-makanan yang memiliki kandungan asam tinggi seperti:

  • tomat
  • buah citrus
  • jeruk
  • lemon
  • anggur

Pasalnya makanan-makanan tersebut dapat memicu nyeri ulu hati terutama bila Anda mengkonsumsi makanan ini dengan perut kosong. (Baca: 6 Makanan yang Memperparah Maag)

Klik 'next' untuk selanjutnya.

6 dari 9 halaman

5. Hindari Minuman yang dapat Memicu Nyeri Ulu Hati

Hindari beberapa jenis minuman seperti:

  • kopi
  • teh yang mengandung kafein
  • minuman bersoda
  • minuman alkohol.

Minuman yang mengandung kafein dapat meningkatkan asam lambung dan minuman alkohol dapat merelaksasi pintu kerongkongan yang dapat memicu naiknya asam lambung ke atas yang menyebabkan timbulnya nyeri ulu hati. Untuk menghindari hal ini coba konsumsi minuman seperti susu dan air putih.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

7 dari 9 halaman

6. Waspada Coklat

Sekalipun cokelat hadir dengan banyak manfaat untuk kesehatan, Anda harus mewaspadai kandungan kafein yang kerap ikut hadir di cokelat.

Pasalnya, kafein yang terdapat di cokelat dapat mencetus nyeri ulu hati.

Namun bagi Anda penggila cokelat, cobalah untuk mengkonsumsi coklat dalam porsi yang sedikit dengan membatasi porsi yang ada.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

8 dari 9 halaman

7. Hindari Makanan Pedas

Hal ini tidak dapat dipungkiri lagi, hindarilah makanan pedas bagi Anda yang memiliki riwayat asam lambung. Pasalnya, makanan pedas dapat memicu GERD yang memiliki gejala nyeri ulu hati. Terutama hindari makanan yang memiliki lada dan rasa pedas yang siap mendatangkan ngilu nyeri ulu hati.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](EA)

Baca juga:
 
Ditulis oleh:
dr. Dewi Ema Anindia
Anggota Redaksi Medis
Klikdokter.com

0 Komentar

Belum ada komentar