Kulit

Ingin Awet Muda? Ini 7 Cara Mengurangi Kerutan di Wajah!

Ayu Maharani, 11 Des 2019

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Wajah awet muda bukan sesuatu yang sulit dicapai. Ikuti cara-cara mudah kurangi kerutan di wajah berikut ini!

Ingin Awet Muda? Ini 7 Cara Mengurangi Kerutan di Wajah!

Selain jerawat, kerutan termasuk masalah kulit lainnya yang sering dikeluhkan para wanita. Pasalnya, gangguan kulit ini bisa membuat penampilan jauh lebih tua daripada usia aslinya. Tapi tenang, ada cara mengurangi kerutan di wajah yang bisa Anda lakukan sehari-hari dengan mudah.

Mengapa Kerutan Bisa Timbul di Wajah?

Sebelum mengetahui cara-cara tersebut, ketahui dulu alasan dibalik munculnya kerutan di kulit wajah. Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc Hons dari KlikDokter, keriput merupakan salah satu proses penuaan pada kulit yang tidak dapat dihindari. 

Penuaan kulit dimulai saat kolagen dan elastin di kulit dermal mengalami degenerasi atau penurunan kualitas. Nah, faktor utama yang menyebabkan degenerasi kolagen dan elastin adalah sinar matahari alias sinar UV. 

Proses penuaan biasanya dimulai saat seseorang memasuki usia 40 tahun. Penuaan pun akan semakin cepat bila kulit dibiarkan tanpa pelembap. Namun, bukan tak mungkin bila penuaan terjadi di usia 20 akhir dan usia 30an (penuaan dini). 

Tidak sesulit yang Anda bayangkan, mengurangi kerutan di wajah dapat dilakukan melalui cara-cara sederhana. Berikut beberapa cara “mengejutkan” yang bisa Anda terapkan.

  • Tidur Terlentang 

Posisi ini dianggap yang paling baik karena kulit wajah tidak mendapat tekanan dari sisi lain. Tidur menghadap samping dapat memicu timbulnya kerutan di pipi dan dagu. Bila tidur tengkurap, leher akan sakit dan dapat menimbulkan kerutan di area alis. 

  • Perbanyak Konsumsi Ikan 

Asam lemak yang terkandung dalam ikan dapat membantu memberi nutrisi pada kulit. Itulah yang membuat kulit bisa tampak lebih muda. Ikan yang dipercaya bisa menyehatkan kulit adalah ikan salmon. 

  • Kurangi Kebiasaan Mengerutkan Dahi dan Mengernyitkan Mata

Dua kebiasaan tersebut dapat meningkatkan kerja otot wajah, sehingga membentuk lekukan di bawah kulit. Lekukan ini lama-kelamaan dapat menjadi kerutan wajah. Jika sedang silau karena sinar matahari, lebih baik gunakan kacamata hitam. 

Terlalu sering marah ternyata juga berpengaruh, lho. Sebab, saat seseorang sedang marah, mimik yang ditampilkan mempertegas garis-garis halus di wajah. Alhasil, wajah Anda akan terlihat lebih tua ketimbang usia asli. 

  • Konsumsi Makanan Mengandung AHA

AHA tidak cuma ada di dalam produk kecantikan. AHA juga terkandung dalam beberapa buah, seperti apel dan jeruk. Kandungan ini dapat membantu kulit memproduksi kolagen. Jika ingin hasil lebih maksimal, Anda dapat rutin mengonsumsi dua buah tersebut.

Bisa juga menggunakan produk kecantikan yang mengandung AHA. Namun hati-hati, efek samping AHA dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar UV. Jadi, saat keluar rumah, pastikan Anda selalu mengoleskan tabir surya terlebih dulu.

  • Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C

Jika Anda ingin awet muda, Anda harus ‘bersahabat’ dengan jeruk. Sebab, selain mengandung AHA, buah ini juga mengandung vitamin C yang tinggi. Hebatnya lagi, jeruk dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, 

Vitamin C juga dapat melindungi kult dari kerusakan akibat sinar UVA dan UVB. Contohnya kemerahan pada wajah, bintik hitam, dan warna kulit tidak merata. Jenis vitamin C dengan nama L-ascorbic acid adalah jenis vitamin C yang paling tepat untuk mengurangi keriput di wajah. 

  • Selalu Gunakan Pelembap

Pelembab sangat baik digunakan setelah mandi. Karena, pada saat itu kulit tubuh dapat menyerap pelembab dengan lebih baik. Pemakaian pelembab sangat penting, terutama jika usia Anda tergolong sudah tidak muda lagi. 

Sebab, semakin bertambahnya usia, kelenjar minyak yang berfungsi melembabkan kulit mulai berkurang. Kulit pun menjadi semakin kering. Kulit kering akan berisiko tinggi memiliki kerutan lebih banyak. 

  • Hindari Kebiasaan Merokok dan Bergadang 

Penelitian yang dipublikasikan American College of Chest Physicians melaporkan, mayoritas perokok lebih susah tidur dengan nyenyak dibanding mereka yang tidak merokok. 

Lambat laun, hal tersebut akan menyebabkan timbulnya efek samping dari kurang tidur, yakni kantung mata dan lingkaran gelap di bawah mata. Tak cuma itu, bahan kimia yang terdapat dalam rokok akan merusak struktur kulit sekaligus pembuluh darah di sekitar mata. Wajah Anda akan terlihat lelah dan lebih tua.

Itulah cara mengurangi kerutan di wajah yang bisa Anda coba. Cara-cara tersebut harus dilakukan secara konsisten agar hasilnya terlihat. Hindari stres berlebih dan perbanyak konsumsi makanan dan minuman berantioksidan tinggi. Dengan begitu, wajah awet muda pun bukan sekadar impian lagi. 

(FR/AYU)

kulitKerutan Wajahkeriput

Konsultasi Dokter Terkait