Kehamilan

Jenis-jenis USG pada Kehamilan

dr. Dina Kusumawardhani, 20 Jun 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kini sudah banyak hadir berbagai tipe USG. USG 2D, USG 3D bahkan USG 4D. Tahukah Anda bedanya? Yuk simak selengkapnya bersama dr. Dina Kusumawardhani disini

Jenis-jenis USG pada Kehamilan

Pemeriksaan ultrasonografi (USG) merupakan salah satu pemeriksaan yang penting dan rutin dilakukan selama hamil. Berbeda dengan X-ray, USG tidak berbahaya bagi janin. Saat ini terdapat berbagai jenis USG, yaitu USG 2 dimensi (2D), tiga dimensi (3D), atau empat dimensi (4D).

Jenis-jenis USG pada Kehamilan

USG

Tahukah Anda apa bedanya?

Jika Anda belum tahu, maka artikel ini akan dapat membantu menambah pengetahuan Anda. 

1. USG 2 Dimensi

USG jenis ini akan menghasilkan gambaran dalam bentuk 2 dimensi atau 2 bidang datar (memanjang dan melintang).

Perbedaan mendasar dengan USG 3D atau 4D adalah USG ini hanya menghasilkan bagian datar janin.USG ini dilakukan untuk melihat organ-organ internal janin.

Interpretasi hasil USG hanya dapat dilakukan oleh dokter yang sudah mengetahui dasar anatomi tubuh manusia, tidak dapat dibaca oleh orang awam. 

2. USG 3 Dimensi

Gambaran janin yang dihasilkan oleh USG jenis ini akan lebih detail, terlihat mirip dengan aslinya dan dapat dimengerti oleh setiap orang.

Ibu hamil dapat melihat wajah janin yang dikandungnya dengan jelas. USG 3D juga dapat mendeteksi kelainan pada janin lebih jelas, seperti bibir sumbing atau polidaktili (jumlah jari terlalu banyak).

Karena kelebihannya pada detil citra yang didapat dibandingkan USG 2D yang biasanya, biasanya diikuti oleh harga layanan yang sedikit lebih mahal daripada USG 2D biasanya.

Artikel Lainnya: Bumil Perlu Paham, Ini Cara Baca Hasil USG 2 Dimensi

3. USG 4 Dimensi

USG 4D merupakan USG 3D yang dapat bergerak (live 3D atau real time 3D).

Dengan USG ini, kita dapat melihat langsung aktivitas atau gerakan janin di dalam rahim, seperti saat bayi menggeliat atau melihat wajah janin dari berbagai posisi.

Hasil dari pemeriksaan ini dapat direkam (seperti video) dalam bentuk CD. 

Perbedaan USG 2D dengan USG 3D dan USG 4D

Kesimpulannya, USG 2D menghasilkan gambaran datar cross-section, 3D menghasilkan gambaran 3 dimensi yang statis, sedangkan 4D menghasilkan gambaran 3 dimensi yang bergerak. USG 3D atau 4D dapat memberikan perasaan tenang kepada ibu karena dapat melihat langsung kondisi janinnya secara jelas.

Pada awal pemeriksaan biasanya menggunakan USG 2D namun dapat juga langsung dengan USG 3D tergantung pertimbangan dokter dan ketersediaan fasilitas. Jika dari hasil pemeriksaan USG 2D dicurigai ada kelainan, maka akan dilakukan pemeriksaan USG 3D atau 4D untuk memastikan. 

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

USG Hamil

Konsultasi Dokter Terkait