HomeGaya hidupSehat dan BugarTertawa, Cara Sehat yang Murah dan Kaya Manfaat
Sehat dan Bugar

Tertawa, Cara Sehat yang Murah dan Kaya Manfaat

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 08 Jun 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ternyata kegiatan menyenangkan ini juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya berbagai penyakit lho. Apa saja? Yuk simak selengkapnya disini!

Tertawa, Cara Sehat yang Murah dan Kaya Manfaat

Istilah ‘Tawa adalah obat yanng mujarab’, bisa jadi ada benarnya. Tertawa adalah kegiatan yang tidak menggunakan biaya namun dapat membuat pikiran menjadi santai dan tidak terbeban dengan masalah. Ternyata kegiatan menyenangkan ini juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya berbagai penyakit lho.

Tertawa diyakini memberikan manfaat dua manfaat kesehatan sekaligus bagi manusia. Manfaat sehat yang pertama adalah untuk kesehatan fisik dan mental, dimana secara biologi dan kejiwaan tertawa memberikan kebaikan bagi kesehatan jiwa dan raga.

Sementara aspek berikutnya adalah untuk ‘kesehatan sosial’. Dengan aktivitas tertawa diyakini memberikan energi positif kepada individu dan proses interaksi sosialnya. Dimana lingkungan akan memiliki nuansa positif diikuti lingkungan yang lebih memiliki kecenderungan positif.

Tidak percaya? Nih, simak selanjutnya bagaimana tertawa dapat memberikan manfaat ‘obat’ kuat fisik dan mental.

Tertawa Adalah Obat yang Kuat untuk Fisik dan Mental

Tertawa merupakan kegiatan yang sangat menular. Ketika Anda tertawa dengan teman Anda, tanpa sadar Anda sedang berbagi kebahagiaan. Tertawa juga mencetuskan berbagai perubahan positif dari tubuh Anda. Tertawa dapat meningkatkan sistem imun tubuh, meningkatkan energi, mengurangi rasa nyeri dan menghindarkan diri dari bahaya dari stres.

Tertawa adalah obat manjur untuk menghilangkan stres pikiran. Tidak ada cara yang lebih cepat untuk mengembalikan keadaan tubuh yang sudah lelah dan penat ke dalam keadaan semula selain tertawa. Perasaan humor dapat mencerahkan pikiran, menghilangkan beban, dapat membangun hubungan dengan orang lain dan mempertahankan konsentrasi.

Bagaimana tertawa dapat membantu dalam menghilangkan stress? Tertawa dapat mengaktifkan saraf yang berfungsi untuk mengeluarkan hormon kortisol dan endorfin. Hormon ini membantu sistem saraf menjadi rileks dan tenang. Selain itu, tertawa juga membantu dalam menunjang sistem imun tubuh kita. 

Lalu bagaimana tertawa dapat memberikan manfaat sosial?

Manfaat Sosial dari Tertawa

Humor tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, namun juga dapat bermanfaat untuk menunjang interaksi sosial. Humor dan komunikasi yang menyenangkan dapat memperkuat hubungan antar individu dengan membangkitkan perasaan positif dan menjalin hubungan emosi.

Menyisipkan humor ke dalam aktivitas sehari-hari  dapat meningkatkan kualitas hubungan asmara dengan pasangan Anda, hubungan dengan teman kerja, anggota keluarga yang lain dan teman. Cobalah untuk lebih santai dalam beraktivitas, lebih spontan dan ekspresikan perasaan Anda.

Di tengah persaingan dan tekanan kerja yang meningkat, Anda harus pandai mencari cara untuk tetap sehat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Jadi, mari kita perbanyak tertawa untuk menghilangkan stress dan menjaga kesehatan tubuh.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami. Salam hidup sehat!

 

 

tertawa sehat

Konsultasi Dokter Terkait