HomeInfo SehatKesehatan Umum5 Hal yang Dapat Anda Diskusikan Saat Datang ke Dokter
Kesehatan Umum

5 Hal yang Dapat Anda Diskusikan Saat Datang ke Dokter

dr. Jessica Florencia, Sp.PK, 05 Jun 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kunjungan ke dokter biasanya terdiri dari wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan. Kunjungan ke dokter dapat menjadi lebih menyenangkan jika terjalin komunikasi yang baik,

5 Hal yang Dapat Anda Diskusikan Saat Datang ke Dokter

KLIKDOKTER.com - Kunjungan ke dokter biasanya terdiri dari wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan. Kunjungan ke dokter dapat menjadi lebih menyenangkan jika terjalin komunikasi yang baik, untuk itu Anda dapat mendiskusikan beberapa hal yang ingin Anda ketahui dengan dokter.

Selain itu, dengan terjalinnya komunikasi yang baik, maka juga turut berperan dalam proses penanganan kondisi untuk hal yang Anda keluhkan. Semakin informatif Anda mengenai kondisi yang Anda keluhan, maka akan semakin mudah dokter untuk melakukan diagnosa (pemeriksaan), anamnesis (proses mengkompilasi informasi riwayat pasien oleh dokter) dan bahkan prognosis.

Guna terselenggaranya komunikasi yang tepat sasaran nan efektif, simak 5 hal yang dapat Anda diskusikan ketika Anda berkunjung ke dokter berikut ini:

Klik 'next' untuk selanjutnya.

1. Diskusikan Kondisi Kesehatan

Ketika dokter sudah selesai melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan dan sudah dapat mengambil kesimpulan maka Anda dapat menanyakan kepada dokter mengenai kondisi kesehatan Anda saat itu.

Jika memang ada suatu penyakit tertentu, Anda dapat menanyakan nama penyakitnya dan bila perlu menanyakan mengenai penyakit tersebut kepada dokter Anda.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

2. Diskusikan Bagaimana Penyakit Dapat Diketahui

Ketika dokter Anda meminta suatu pemeriksaan penunjang (laboratorium, foto atau pencitraan) maka Anda juga dapat mendiskusikan tujuan dari pemeriksaan tersebut. Ketika Anda dan dokter Anda telah menerima hasilnya maka Anda juga dapat menanyakan arti dari hasil pemeriksaan tersebut kepada dokter Anda.

Pembacaan hasil pemeriksaan akan sangat baik dilakukan oleh dokter yang juga sudah melakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik langsung karena hasil pemeriksaan penunjang paling baik disimpulkan dengan dasar hasil wawancara medis dan pemeriksaan fisik langsung.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

3. Diskusikan: Bagaimana Penanganannya

Setelah Anda mengetahui penyakit Anda, Anda dapat mendiskusikan dengan dokter pilihan-pilihan penanganan yang ada dan mendiskusikan pilihan yang terbaik bagi Anda.

Setelah mengambil keputusan bersama, kepatuhan dalam menjalankan pilihan penanganan dapat berpengaruh besar terhadap perkembangan kondisi kesehatan Anda.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

4. Apa yang Perlu Dilakukan

Pada suatu penyakit terdapat beberapa hal yang harus dilakukan untuk menunjang terjadinya perkembangan yang baik terhadap perjalanan penyakit. Anda dapat mendiskusikan hal ini guna mendapatkan informasi yang sejelas-jelasnya.

Karena hal-hal pemeriksaan penunjang dapat menjadi pilihan pasien untuk langkah yang dapat diambil. Bahkan hal ini bukan sekedar boleh dilakukan, namun justru perlu untuk dilakukan.

Dengan demikian, diskusikanlah hal ini dengan dokter Anda sehingga Anda dapat melakukan hal-hal yang dapat membantu Anda menjadi lebih baik.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

5. Apa yang Tidak Boleh Dilakukan

Pada suatu penyakit terdapat beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan untuk mencegah terjadi keparahan atau kekambuhan. Diskusikanlah dengan dokter Anda sehingga Anda tidak melakukan hal-hal yang malah dapat memperparah kondisi kesehatan Anda.

Dokter dan pasien bukan musuh. Musuh sebenarnya adalah si penyakit. Dokter dan pasien perlu bahu-membahu melawan perang dengan penyakit. Penyakit akan menang jika dokter dan pasien tidak bekerja sama dengan baik. Komunikasi yang baik antara dokter dan pasien adalah kunci untuk dapat membangun kerja sama yang baik antara dokter dan pasien dalam melawan musuh yang sebenarnya, si penyakit.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](JF)

Konsultasi dokterperiksa ke dokterBerobat Ke DokterPeriksa Kedokter

Konsultasi Dokter Terkait