Sukses

Pilek? Enaknya Makan 6 Menu Ini Biar Cepat Sembuh!

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami pilek alias flu dalam hidupnya. Flu seakan bukan hal yang aneh lagi. Flu atau influenza sendiri disebabkan oleh virus dan dibutuhkan imunitas tubuh yang tinggi untuk memeranginya. Tapi tahukah Anda, sebetulnya ada makanan dan minuman yang tepat sekali untuk dikonsumsi ketika kita pilek?

Klikdokter.com - Hampir setiap orang pasti pernah mengalami pilek alias flu dalam hidupnya. Flu seakan bukan hal yang aneh lagi. Flu atau influenza sendiri disebabkan oleh virus dan dibutuhkan imunitas tubuh yang tinggi untuk memeranginya. Tapi tahukah Anda, sebetulnya ada makanan dan minuman yang tepat sekali untuk dikonsumsi ketika kita pilek?

Berikut ini adalah daftar makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu percepat kesembuhan, antara lain:

  1. Sup ayam
    Konsumsi semangkuk sup ayam memberikan manfaat lebih dari sekedar efek menenangkan. Pada tahun 2000, sebuah jurnal yang dikeluarkan oleh American College of Chest Physicians membuktikan bahwa sup ayam mengandung efek anti peradangan yang dapat meredakan gejala flu dan meningkatkan imunitas tubuh.

  2. Susu dan makanan kaya vitamin D
    Makanan yang kaya akan vitamin D seperti susu dan sereal dapat membantu memerangi flu. Pada suatu studi yang dilakukan oleh Massachusetts General Hospital pada tahun 2009, mereka yang mengkonsumsi makanan kaya vitamin D cenderung jarang mengalami flu dibandingkan dengan yang tidak.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

1 dari 3 halaman

6 Makanan Agar Pilek Cepat Sembuh

Klikdokter.com - Hampir setiap orang pasti pernah mengalami pilek alias flu dalam hidupnya. Flu seakan bukan hal yang aneh lagi. Flu atau influenza sendiri disebabkan oleh virus dan dibutuhkan imunitas tubuh yang tinggi untuk memeranginya. Tapi tahukah Anda, sebetulnya ada makanan dan minuman yang tepat sekali untuk dikonsumsi ketika kita pilek?

Berikut ini adalah daftar makanan dan minuman yang dapatmeningkatkan kekebalan tubuh dan membantu percepat kesembuhan, antara lain:

  1. Sup ayam
    Konsumsi semangkuk sup ayam memberikan manfaat lebih dari sekedar efek menenangkan. Pada tahun 2000, sebuah jurnal yang dikeluarkan oleh American College of Chest Physicians membuktikan bahwa sup ayam mengandung efekanti peradangan yang dapat meredakan gejala flu danmeningkatkan imunitas tubuh.

  2. Susu dan makanan kaya vitamin D
    Makanan yang kaya akan vitamin D seperti susu dan sereal dapat membantu memerangi flu. Pada suatu studi yang dilakukan oleh Massachusetts General Hospital pada tahun2009, mereka yang mengkonsumsi makanan kaya vitamin D cenderung jarang mengalami flu dibandingkan dengan yang tidak.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

2 dari 3 halaman

6 Makanan Agar Pilek Cepat Sembuh

 

3. Wortel dan makanan kaya vitamin A

Vitamin A merupakan kunci utama dalam sistem imunitas. Ketika Anda sedang mengalami flu, cobalah mengkonsumsi wortel, ubi, bayam dan sayuran kaya vitamin A lainnya.

4. Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh saat Anda sedang sakit. Cobalah untuk konsumsi teh hijau yang dingin dibandingkan yang hangat karena level anti-oksidan lebih tinggi dibandingkan teh hijau dengan yang dibuat dengan air panas

5. Bawang putih

Bawang putih dapat mencegah flu jika dikonsumsi secara rutin dikarenakan oleh kandungan allicin yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Cobalah untuk mengonsumsinya secara mentah.

6. Ikan

Ikan, terlebih ikan yang berlemak seperti salmon dan tuna, kaya akan asam lemak omega 3. Substansi ini dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](NO)

Baca juga

 

Ditulis oleh:

dr. Nadia Octavia

Anggota Redaksi Medis 

Klikdokter.com 

0 Komentar

Belum ada komentar