Sukses

Perlukah Multivitamin? Atau Hanya Buang-buang Uang?

Apakah benar-benar perlu mengkonsumsi vitamin harian? Atau ternyata tidak perlu karena ada dampaknya kepada kesehatan? Simak selengkapnya disini bersama dr. Dina Kusumawardhani.

Klikdokter.com - Saat ini semakin banyak orang yang peduli akan kesehatannya. Bahkan tidak sedikit yang membeli berbagai multivitamin dengan tujuan meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, dan sebagainya.

Di Amerika, hampir sepertiga penduduknya mengkonsumsi multivitamin atau suplemen mineral sebagai kebutuhan harian. Pertanyaannya, apakah benar multivitamin memiliki manfaat bagi kesehatan?

Klik next untuk selanjutnya.

1 dari 4 halaman

Perlukah Multivitamin? Atau Hanya Buang-buang Uang?

Klikdokter.com - Saat ini semakin banyak orang yang peduli akan kesehatannya. Bahkan tidak sedikit yang membeli berbagai multivitamin dengan tujuan meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, dan sebagainya.

Di Amerika, hampir sepertiga penduduknya mengkonsumsi multivitamin atau suplemen mineral sebagai kebutuhan harian. Pertanyaannya, apakah benar multivitamin memiliki manfaat bagi kesehatan?

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

2 dari 4 halaman

Temuan Penelitian: Perlukah Multivitamin? Atau Hanya Buang-buang Uang?

Menurut jurnal Annals of Internal Medicine, konsumsi multivitamin tidak memiliki manfaat kesehatan jangka panjang dan justru harus dihindari. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa multivitamin tidak memiliki efek terhadap kesehatan jantung, risiko kanker, kemampuan kognitif, maupun angka kematian.

Jurnal tersebut mereview tiga penelitian.Penelitian pertama dilakukan pada 350.000 individu yang mengkonsumsi multivitamin setiap hari.Kesimpulan penelitian tersebut adalah tidak ada bukti yang adekuat tentang manfaat multivitamin dalam menurunkan riisiko penyakit jantung. Bahkan, konsumsi beta carotene atau vitamin E pada perokok justru dikatakan dapat meningkatkan risiko kanker paru.

Penelitian kedua dilakukan pada 5.950 dokter laki-laki berusia 65 tahun ke atas yang mengkonsumsi multivitamin selama 12 tahun. Ternyata, multivitamin tidak memiliki manfaat dalam fungsi kognitif (daya ingat).Penelitian terakhir menilai manfaat multivitamin pada 1700 orang dengan riwayat serangan jantung yang mendapat multivitamin dan mineral dosis tinggi selama 5 tahun. Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah tidak didapatkan perbedaan bermakna pada risiko serangan jantung selanjutnya, nyeri dada, keteterisasi jantung, risiko stroke, dan kematian antara mereka yang mengkonsumsi vitamin dengan mereka yang tidak mengkonsumi vitamin.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

3 dari 4 halaman

Saran Mengkonsumsi Multivitamin: Hanya Bagi yang Memerlukan

Suplemen mineral dan vitamin hanya digunakan untuk mereka yang memang kekurangan zat-zat tertentu, malabsorbsi (gangguan penyerapan nutrien), dan mencegah cacat bawaan pada kehamilan (dengan asam folat).

 

“Berhentilah membuang-buang uang Anda” tutur dr. Edgar Miller, profesor dari John Hopkins Bloomberg School of Public Health.“Uang Anda akan lebih baik digunakan untuk membeli sayur, buah, kacang, makanan rendah lemak, dan olahraga”.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami. Salam hidup sehat![](DK)

Baca juga:

Apakah Anak Memerlukan Tambahan Multivitamin?

10 Nutrisi Terbaik untuk Anak

Perlukah Asupan Suplemen Vitamin C Dosis Tinggi?

 

Ditulis oleh

dr. Dina Kusumawardhani

Anggota Dewan Redaksi Medis

Klikdokter.com 

0 Komentar

Belum ada komentar