Pernapasan

Asma Bisa Sebabkan Kematian

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 01 Mei 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tahukah Anda jika asma bisa mencetuskan bahaya kematian bagi penderitanya? Yuk simak selengkapnya disini bersama dr. Alvin Nursalim.

Asma Bisa Sebabkan Kematian

Klikdokter.com - Banyak orang berpikir bahwa asma adalah gangguan pernafasan ringan dimana pasien hanya mengeluh perasaan sesak ringan. Namun perlu Anda ketahui bahwa serangan asma berat dapat mengancam nyawa. Jadi mari kita kenali lebih jauh mengenai serangan asma.

Apa itu Asma?

Asma adalah gangguan pernafasan yang ditandai dengan serangan sesak nafas. Asma disebabkan karena saluran udara mengecil atau adanya cairan mukus yang banyak. Pernafasan pasien akan lebih sulit karena saluran udara yang lebih kecil. Pernafasan pasien juga akan menimbulkan bunyi sebagai akibat dari benturan aliran udara dengan saluran udara yang kecil.

Bagaimana Asma menyebabkan kematian?

Asma menyebabkan kematian dengan menyumbat aliran pernafasan. Walaupun umumnya serangan asma adalah serangan yang ringan, dalam beberapa kasus dapat terjadi serangan asma berat.

Serangan asma berat dapat menyebabkan sumbatan saluran nafas yang begitu berat dan menghalangi udara masuk ke alveoli paru-paru, sel yang berperan dalam pertukaran udara. Ketika sumbatan saluran nafas begitu berat, seorang pasien asma akan mengalami serangan sesak nafas yang berat. Apabila hal ini tidak ditangani dengan baik, serangan ini dapat berakhir pada kematian akibat hipoksia atau kekurangan oksigen.

Penanganan Awal Pasien Asma

Mengingat keadaan serangan asma dapat mengarah kepada keadaan yang serius, penanganan awal asma haruslah dilakukan dengan baik. Pasien dengan serangan asma berulang, lebih baik menyimpan obat pelega asma di rumah dan obat tersebut dibawa kemanapun dia pergi.

Jika sedang mengalami serangan asma, duduklah, tenangkan diri dan segera gunakan obat pelega asma. Serangan asma yang menyebabkan gangguan aktivitas atau tidak membaik dengan obat pelega, merupakan tanda bahwa pasien harus diberikan terapi yang lebih serius, jika demikian pergilah ke unit gawat darurat terdekat.

 

Asma Kematian Pernapasan

Konsultasi Dokter Terkait