Sukses

Asma Sering Muncul Bersama Nyeri Perut

Apakah Anda menderita asma? Apakah asma Anda disertai dengan gejala sakit maag? Pada penderita asma seringkali ditemukan terdapatnya penyakit maag pada penderita. Simak selengkapnya bersama dr. Adithia Kwee disini.

Klikdokter.com - Apakah Anda menderita asma? Apakah asma Anda disertai dengan gejala sakit maag? Pada penderita asma seringkali ditemukan terdapatnya penyakit maag pada penderita.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

1 dari 4 halaman

Asma yang Muncul Bersamaan Nyeri Perut

Klikdokter.com - Apakah Anda menderita asma? Apakah asma Anda disertai dengan gejala sakit maag? Pada penderita asma seringkali ditemukan terdapatnya penyakit maag pada penderita.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

2 dari 4 halaman

Apakah Ada Hubungannya Antara Maag dengan Penyakit Asma?

Pada penyakit maag yang disebabkan oleh naiknya asam lambung dari lambung ke arah atas atau sering disebut dengan Gastro-Esophageal Reflux Disease atau GERD, terjadi beberapa mekanisme yang mencetuskan terangsangnya saluran napas sehingga timbul gejala batuk dan sesak napas.

GERD disebabkan oleh tidak berfungsinya katup antara saluran cerna atas dan bawah yang berfungsi untuk mencegah naiknya asam lambung dari lambung ke arah atas. Beberapa pendapat menyatakan, asam lambung yang naik dapat merangsang reseptor asam yang terdapat pada saluran napas sehingga menimbulkan penyempitan pada saluran napas sehingga timbul asma. Dan dapat juga disebabkan obat-obat asma yang dikonsumsi.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

3 dari 4 halaman

Konsekuensi Obat Asma

Obat asma yang diberikan bertujuan untuk membuat otot napas menjadi relaks, ternyata hal ini dapat menyebabkan katup antara saluran cerna atas dan bawah juga menjadi relaks sehingga tidak bekerja sebagaimana mestinya dan menyebabkan naiknya asam lambung.

Namun bukan berarti Anda tidak perlu mengkonsumsi obat asma Anda. Dalam penanganan kasus seperti ini, harus dilakukan pengobatan untuk mengurangi gejala keduanya. Dan telah terbukti, ternyata pengobatan pada GERD dapat mengurangi keluhan batuk dan mengurangi timbulnya serangan asma.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami. Salam hidup sehat![]](AK)

 

Baca juga:

Beberapa Pekerjaan yang Masih Berisiko Bagi Penderita Asma

Anak Pecandu TV Lebih Berisiko Asma

Asma Saat Hamil

 

Ditulis oleh

dr. Adithia Kwee

Anggota Dewan Redaksi Medis

Klikdokter.com 

 

0 Komentar

Belum ada komentar