Kesehatan Umum

Pertolongan Pertama Keselak dan Tersedak

Klikdokter, 30 Apr 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tersedak atau keselak. hampir semua orang pernah mengalaminya. Simak tips pertolongan pertama pada keselak dan tersedak oleh dr. Dewi Ema Anindia disini.

Pertolongan Pertama Keselak dan Tersedak

Tersedak atau keselak. hampir semua orang pernah mengalaminya. Memang rasanya tidak nyaman, menggangu, dan mengerikan. Ketika Anda sedang makan atau minum dan tiba-tiba asupan Anda itu  masuk ke saluran yang salah. Kenapa hal ini bisa terjadi? Ada berapa saluran di tenggorokan kita? Sebenarnya kemana makanan dan minuman kita pergi?

Sebelum kita membahas langkah pertolongan pertama keselak, sangat penting untuk kita mengetahui dahulu bagaimana keselak dan tersedak itu dapat terjadi. 

Apa Itu Keselak?

Saat makanan masuk ke dalam mulut, banyak otot yang bekerja tanpa Anda sadari. Ketika Anda menelan makanan ada 30 otot yang bekerja. Proses pertama Anda harus mengunyah makanan sehingga bisa ditelan, dan proses kedua adalah lidah Anda akan mendorong makanan ke saluran pipa tersebut. Saluran tersebut terdiri dari kerongkongan dan trakea (saluran pernafasan).

Karena mulut Anda memliki dua pekerjaan yaitu memasukkan udara ke dalam paru-paru serta menelan makanan, terkadang dapat terjadi gangguan. Saat Anda merasa “tersedak” atau “keselek” berarti makanan Anda masuk ke saluran yang salah, atau dalam istilah medis dinamakan aspirasi. Saat terjadi hal ini maka akan lamgsung muncul refleks berupa batuk atau muntah. Bila refleks ini gagal, maka dapat terjadi penyumbatan pada saluran nafas, dan bila masuk ke paru-paru dapat muncul radang paru-paru.

Biasanya tersedak terjadi pada saat kita sedang tidak sadar ataupun keadaan fisik seperti orang-orang dengan gangguan sensai atau motorik.

Pertolongan Pertama Keselak & Tersedak

1. Batukkan dan Menepuk

Hal yang paling tepat dilakukan saat tersedak atau keselak adalah batukkan makanan atau minuman tersebut. Menepuk punggung pasien tersedak, jika belum berhasil lanjutkan ke langkah kedua.

2. Lakukan Manuver Heimlich

Jika masalah berlanjut, lakukanlah manuver Heimlich. Manuver Heimlich adalah prosedural standar untuk pertolongan pertama keselak dan tersedak.

Cara melakukan manuver Heimlich:

  1. Lingkarkan kedua lengan Anda di pinggang korban, tepatnya di antara pusar dan pertemuan iga kiri dan kanan.
  2. Kemudian penolong menghentakan tangannya ke atas seraya menarik tubuh korban ke belakang.
  3. Lakukan berulang kali, jika masih belum berhasil segera hubungi paramedis.

Catatan: Ada beberapa informasi yang mengatakan kalau tersedak cukup dengan mengangkat kedua lengan Anda hingga rapat ke sisi kanan-kiri kepala. Tindakan ini belum bisa dipastikan dan diragukan keabsahannya. Melakukan manuver Heimlich adalah hal yang disarankan sebagai pertolongan pertama keselak.

3. Trakeotomi

Dalam beberapa kasus kegawatdaruratan, paramedis dapat memutuskan untuk melaksanakan trakeotomi (tracheotomy). Yakni membuat perlubangan di area tenggorokan untuk menembus ke trakea (saluran pernapasan) guna membuka jalur pernapasan yang tersumbat makanan.

Hal ini dilakukan sebagai langkah terakhir jika semua cara gagal, dengan catatan hanya dilakukan oleh tenaga medis yang terlatih dan bertanggung jawab dan peralatan yang memadai.

Tindakan ini dilakukan sebagai prioritas membuka jalan pernapasan bagi pasien tersedak. Jika sukses selesai dilakukan, kemudiannya diambil langkah untuk mesolusikan sumbatan yang ada sebelumnya.

Cara Mencegah Keselak & Tersedak

Jawabnya adalah kunyahlah makanan Anda dengan baik dan benar. Bila Anda mengunyah makanan dengan benar maka makanan yang padat atau cairan akan turun ke kerongkongan Anda

Hal ini terjadi karena saat lidah mendorong makanan ke tenggorokan, pita suara akan naik dan menutup saluran pernafasan sehingga terjadi pembukaan dari kerongkongan. Gerakan otot memasukkan makanan ke dalam kerongkongan dinamakan gerakan peristalsis. 

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter

Keselek Tersedak Keselak

Konsultasi Dokter Terkait