Sukses

22 April: Hari Demam Berdarah. Demam Berdarah Mengintai

Tanggal 22 April setiap tahunnya Indonesia memperingati sebagai hari Demam Berdarah. Dimana bemam berdarah merupakan salah satu penyakit endemis di negara tropis termasuk di Indonesia.

Klikdokter.com - Demam Berdarah merupakan salah satu penyakit endemis di negara tropis termasuk di Indonesia. Demam Berdarah atau dikenal sebagai DBD merupakan suatu jenis infeksi virus akut yang disebabkan oleh virus Dengue. Terdapat 4 jenis virus dengue yaitu DENV 1,2,3 dan 4. Vektor dari penyakit ini adalah nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopticus.

Saat seseorang terinfeksi demam berdarah maka dapat muncul gejala berupa demam mendadak tinggi yang berlangsung selama 2 – 7 hari, mual, muntah, nyeri pada sendi, nyeri kepala hingga penurunan nafsu makan. Pada pemeriksaan tubuh dapat muncul bintik-bintik merah di kulit ataupun pendarahan di gusi atau gigi.

Saat terinfeksi demam berdarah sebaiknya dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk menilai berat ringannya penyakit. Pada infeksi demam berdarah dalam pemeriksaan laboratorium dapat terlihat penurunan dari kadar trombosit, kadar leukosit, peningkatan dari kada hematokrit, peningkatan dari hemoglobin, peningkatan dari fungsi hati, ataupun penurunan dari kadar albumin.  Dapat juga dilakukan pemeriksaan untuk mendeteksi virus DBD seperti pemeriksaan NS1 atau IgM dan IgG Dengue.

Pengobatan dari demam berdarah hanyalah satu yaitu cairan. Cairan yang diberikan dapat diberikan dengan bentuk minuman pada demam berdarah tahap awal, namun pada tahap lanjut harus dilakukan pemberian cairan dari pembuluh darah. Komplikasi dari demam berdarah dapat bermacam-macam hingga dapat menimbulkan kematian.

Hingga saat ini vaksin dari penyakit demam berdarah belum ditemukan sehingga yang paling penting adalah mencegah terinfeksi penyakit ini dengan melakukan hal- hal sederhana yang sering disebut sebagai 3M+ yaitu; Menutup, Menguras, Menyimpan serta jangan Menggantung baju dan Menghindari gigitan nyamuk.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](EA)

 

Baca juga:

Petunjuk Baru Melawan Demam Berdarah Dengue

Serba-serbi Demam Berdarah

 

Ditulis oleh:

dr. Dewi Ema Anindia

Anggota Redaksi  Medis

Klikdokter.com

0 Komentar

Belum ada komentar