Sukses

5 Tanda Berbahaya Ketika Masa Kehamilan

Ada beberapa tanda dan gejala yang justru banyak disepelekan. Padahal sebenarnya sangat berbahaya dan fatal akibatnya. Apa saja tanda-tanda yang ada? Simak selengkapnya oleh dr. Adithia Kwee disini.

Klikdokter.com – Kata orang, perjuangan ibu itu tiada taranya, sungguh memang, proses kehamilan dan persalinan bukan hal yang mudah, dan bukan sekedar sukar, rangkaian proses ini seringkali harus mengancam nyawa sang ibu, salah satunya adalah ketika kehamilan disertai dengan pre-eklampsia dan eklampsia. (Baca: Waspada Tekanan Darah Tinggi di Masa Kehamilan)

Pre-eklampsia adalah keadaan hamil yang disertai dengan beberapa tanda berikut:

  1. Tekanan darah yang tinggi (lebih dari 140/90 mmHg)
  2. Bengkak pada bagian-bagian tubuh secara menyeluruh (jika urin diperiksa akan menunjukkan terdapat protein dalam jumlah besar pada urin)
  3. nyeri kepala mulai dari sedang sampai hebat (tergantung derajat pre eklampsia ringan atau berat)
  4. nyeri pada ulu hati
  5. penglihatan yang terganggu (biasanya dikeluhkan sebagai pandangan yang kabur dan berbayang)

Sampai hari ini sebab dari pre-eklampsia ini masih diperdebatkan, hanya saja beberapa orang dapat kita waspadai untuk masuk dalam keadaan ini, yakni mereka yang memiliki berat badan berlebih dan riwayat tekanan darah tinggi pada keluarga, juga pada mereka yang pada kehamilan sebelumnya menderita pre-eklampsia.

Lalu apa yang dimaksud dengan eklampsia? Eklampsia adalah semua tanda-tanda pre-eklampsia namun disertai dengan kejang. Keadaan ini sangat mengancam nyawa ibu terutama jika terjadi gagal nafas saat kejang. Seorang ibu hamil dengan eklampsia maupun pre-eklampsia harus dirawat di fasilitas kesehatan yang memadai. Ini adalah salah satu alasan pentingnya rutin mengikuti Antenatal Care, sehingga perkembangan kehamilan kesehatan ibu senantiasa dapat dipantau. (Baca: Pemeriksaan USG di Masa Kehamilan, Kenapa Penting, Sih?

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)

 

Baca juga:

Pemeriksaan USG di Masa Kehamilan, Kenapa Penting, Sih

Jenis Olahraga yang Sebaiknya Dihindari Selama Kehamilan

Tips Atasi Sakit Kepala Saat Hamil

 

adithia kwee naga perkasaDitulis oleh:

dr. Adithia Kwee

Anggota Redaksi  Medis

Klikdokter.com

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar