Diet dan Nutrisi

Kebutuhan Gula Tubuh: 5% Gula Dari Kalori per Hari

KlikDokter, 20 Apr 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Berbagai penyakit ditimbulkan akibat konsumsi gula berlebihan seperti penyakit Diabetes. Konsumsi gula yang tinggi juga dikaitkan dengan penyakit jantung, hipertensi, dan kolestrol.

Kebutuhan Gula Tubuh: 5% Gula Dari Kalori per Hari

Klikdokter.com - Gula merupakan suatu istilah yang digunakan untuk bahan kimia dengan rasa manis yang sering sekali digunakan dalam memasak.

Gula ini merupakan golongan karbohidrat, dimana komposisinya berupa karbon, hidrogen, dan oksigen. Gula sederhana disebut sebagai monosakarida dimana di dalam ini termasuk golongan glukosa, fruktosa, dan galaktosa. Gula yang sering kita gunakan di makanan merupakan golongan sukrosa. 

Kita semua sudah banyak mengetahui efek dari gula terhadap kesehatan kita. Berbagai penyakit ditimbulkan akibat konsumsi gula berlebihan seperti penyakit Diabetes.

Konsumsi gula yang tinggi juga dikaitkan dengan penyakit jantung, hipertensi, dan kolestrol. Sebuah pedoman baru yang terbitkan oleh WHO (World Health Organization) menyebutkan bahwa jumlah gula yang baik untuk kita konsumsi dalam sehari adalah 5% dari total kalori. 

Pedoman terbaru yang dikeluarkan oleh WHO ini diharapkan dapat melawan penyakit gigi berupa kavitas dan obesitas. Walaupun 5% total gula ini kurang masuk di akal,namun menurut dr. Francesco Brana ahli Nutrisi di WHO, target ini harus bisa dicapai oleh masyarakat.

5% gula ini berarti hanya 50 g gula dalam sehari untuk dewasa dengan berat badan normal. Dengan gula 5% ini maka resiko akan terjadinya obesitas, kerusakan pada gigi serta obesitas dapat dikurangi. 

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](EA)

 

Ditulis oleh:

dr. Dewi Ema Anindia

Anggota Redaksi  Medis

Klikdokter.com

 

 

Kebutuhan Gula Manusia Sehari

Konsultasi Dokter Terkait