Sukses

3 Fakta yang Mungkin Anda Belum Tahu Seputar Nafsu Makan Anak

Tidak jarang anak menunjukan nafsu makan rendah bahkan cenderung menghindari makanan yang kita sajikan. Tak ayal hal ini menambah rasa khawatir pada orangtua, apakah ada yang tidak beres dengan kesehatan anak, atau ada masalah lainnya? Simak beberapa fakta medisnya disini.

Klikdokter.com – Tidak jarang anak menunjukan nafsu makan rendah bahkan cenderung menghindari makanan yang kita sajikan. Tak ayal hal ini menambah rasa khawatir pada orangtua, apakah ada yang tidak beres dengan kesehatan anak, atau ada masalah lainnya? Simak beberapa fakta medis berikut seputar nafsu makan anak, yang mungkin Anda belum ketahui:

1.      Beda Jenis Kelamin, Beda Profil Pertumbuhan

Anak usia sekolah dasar, antara 6 – 12 tahun, membutuhkan nutrisi yang mencukupi agar mereka dapat tubuh secara normal. Ketika mendekati usia remaja, sebagian besar anak perempuan  usia 10 – 12 tahun mengalami kecepatan pertumbuhan yang meningkat. Sedangkan peningkatan kecepatan pertumbuhan anak laki-laki baru dimulai 2 tahun kemudian. (Baca: Tumbuh Kembang Anak Pada Tahun Pertama)

2.      Nafsu Makan Anak Bisa Berubah-ubah

Beberapa orangtua khawatir bahwa selama usia sekolah, anak memiliki perubahan nafsu makan. Satu hari, mereka bisa makan dalam jumlah banyak, esoknya mereka hanya mau makan sedikit sekali. (Baca: 10 Tips Menghadapi Anak Susah Makan)

Pada sebagian besar kasus, pola makan yang tidak bisa diprediksi ini seharusnya tidak mengkhawatirkan. Pada masa ini, berat badan anak seharusnya bertambah antara 2 – 3,5 kg per tahun. Selama dokter spesialis anak Anda mengatakan bahwa pertumbuhan buah hati dalam batas normal, maka Anda tidak perlu khawatir. 

3.      Makan Adalah Kebiasaan

Anda dapat memberikan anak makanan sehat yang bervariasi. Nafsu makannya akan naik turun setiap harinya. Untuk beberapa anak, makan bisa berupa kebiasaan. Contohnya, mereka dapat memakan makanan selingan atau kudapan ketika menonton TV atau bermain video game. Bila buah hati Anda mengatakan bahwa mereka lapar padahal itu bukan jam makan besar atau selingan mereka, mungkin ada suatu hal yang menjadi pencetus. Misalnya,  bila anak terlihat bosan, bantu dia menemukan aktivitas yang dapat membuatnya sibuk, melakukan sesuatu yang produktif.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](PNA)

 

Baca juga:

3 Alasan Memberikan Multivitamin Pada Anak

6 Vitamin & Mineral Untuk Anak Cemerlang

 

Ditulis oleh

dr. Puti Naindra Alevia

Anggota Dewan Redaksi Medis

Klikdokter.com 

0 Komentar

Belum ada komentar