Sukses

Rokok Sebabkan Kanker Rongga Mulut & Kematian

Beberapa bahan yang terkandung dalam tembakau merupakan karsinogen yang potensial dalam mencetuskan terjadinya kanker. Kanker rongga mulut atau disebut juga Karsinoma sel skuamosa merupakan kanker ganas yang meluas dan bermetastase (kanker menyebar) yang dapat menyebabkan kematian

Oleh: drg. Arni Maharani

KLIKDOKTER.com - Dari sekian banyak dampak negatif merokok, kanker rongga mulut adalah salah satu penyakit yang ditimbulkan.  Beberapa bahan yang terkandung dalam tembakau merupakan karsinogen yang potensial dalam mencetuskan terjadinya kanker. Kanker rongga mulut atau disebut juga Karsinoma sel skuamosa merupakan kanker ganas yang  meluas dan bermetastase (kanker menyebar) yang dapat menyebabkan kematian.

Lebih dari 90% kanker yang ditemukan dalam rongga mulut adalah jenis ini. Kemunculannya dapat dimana saja dalam mulut seperti langit-langit, tulang alveolar, tonsil, dan gusi  tetapi secara umum biasanya timbul pada dasar mulut, lidah dan bibir bawah.

Selain kebiasaan merokok karsinoma sel skuamosa juga disebabkan faktor lain seperti paparan UV, genetik, kekurangan nutrisi, , infeksi Human papilloma Virus. Terdapat pula faktor yang merangsang sel kanker ini menjadi progressif seperti alkohol dan gigi tiruan yang tidak baik.

Berdasarkan hasil pengamatan sebanyak 80% penderita karsinoma sel skuamosa adalah perokok. Pada perokok ditemukan kebiasaan menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol dimana hal  ini merupakan faktor pemberat, Begitu pula apabila perokok tersebut juga mempunyai kebiasaan minum alkohol, karena semua macam alkohol baik yang berada dalam obat kumur ataupun dalam minuman mempunyai efek yang sama terhadap penyakit ini.  Lokasi karsinoma sel skuamosa pada perokok  berat yang juga mengkonsumsi alkohol biasanya terletak pada langit-langit rongga mulut, hal ini disebabkan karena iritasi dari panas asap rokok.

Mengingat dari resiko kematian dari penyakit ini maka akan lebih baik bagi anda yang merupakan perokok berat dan juga mempunyai kebiasaan konsumsi alkohol untuk mewaspadi apabila ada luka atau lesi dalam rongga mulut, terutama yang berlokasi di langit-langit.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AM)

 

Baca juga:

 

0 Komentar

Belum ada komentar