Diet dan Nutrisi

6 Tips Diet Sehat

KlikDokter, 28 Mar 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Apabila Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, berhati-hatilah dalam melakukan program diet.

6 Tips Diet Sehat

oleh: dr. Sophia B. Hage

KlikDokter.com - Apabila Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, berhati-hatilah dalam melakukan program diet. Beberapa orang melakukan diet ekstrim dan tak jarang dari mereka yang justru gagal mempertahankan berat badan dengan konsisten sehingga terjadilah diet yoyo, dimana berat badan naik turun seperti yoyo.

Berikut ini adalah strategi sehat dan sederhana yang disusun oleh Ashley Koff, penulis Mom Energy. Ia percaya bahwa untuk menurunkan berat badan Anda harus makan jumlah nutrisi yang benar pada setiap waktu makan, yaitu tiga kali porsi makan dan satu kali cemilan sehari.

1. Sarapan! Pastikan Anda mengkonsumsi makanan dalam waktu 45 menit setelah Anda bangun. Hal ini penting karena ketika bangun tidur, tingkat metabolisme tubuh Anda rendah sampai ketika Anda makan.

Apabila Anda memasukkan makanan ke dalam tubuh Anda, maka metabolisme Anda meningkat sehingga dapat membakar lemak. Sebagai penutup hari, usahakan makan terakhir paling lambat 3 jam sebelum Anda tidur. Hal ini untuk memastikan bahwa tubuh Anda sudah selesai mencerna makanan sebelum Anda tidur.

2. Makan sering Selama Anda diet, camilan diperbolehkan, tetapi tentunya camilan yang sifatnya sehat dan tinggi serat seperti buah dan sayur. Saat diet, penting bagi Anda untuk tidak merasa kelaparan, karena ketika kelaparan metabolisme tubuh Anda akan menurun. Hal ini terjadi karena tubuh Anda berpikir Anda sedang kelaparan sehingga ia menyimpan makanan menjadi cadangan energi.

Oleh sebab itu, makanlah setiap 3-4 jam untuk memastikan tubuh bekerja di tingkat optimal dalam mengolah makanan menjadi energi dan bukan disimpan menjadi lemak.

3. Jaga porsi Makan dalam porsi yang normal adalah kunci dalam menurunkan berat badan. Hindari makan dalam porsi yang berlebih dan sebisa mungkin takarlah makanan Anda setiap kali Anda makan. Hindari menyimpan makanan dengan porsi yang besar di rumah, seperti porsi es krim ukuran keluarga (family pack).

Apabila Anda membeli es krim atau camilan lain, belilah dalam ukuran kecil, sedapat mungkin yang terkecil sehingga Anda mengontrol porsi yang Anda makan.

4. Minum banyak air putih Selain membantu Anda merasa kenyang, air putih membantu metabolisme Anda tetap lancar. Jangan tunggu hingga Anda merasa haus untuk minum karena ketika timbul rasa haus sebenarnya Anda sudah mengalami dehidrasi ringan.

Minumlah 300 ml air ketika Anda bangun pagi. Sepanjang hari usahakan Anda meminum total sebanyak 8 hingga 10 gelas air putih. Menambahkan potongan buah lemon dapat membantu menambahkan rasa bagi Anda yang tidak terlalu suka minum air putih.

5. Kembali ke alam Semakin sedikit proses yang dialami oleh bahan makanan Anda, maka semakin bagus kandungan nutrisinya. Hindari makanan dengan minyak hidrogenasi dan gula tinggi fruktosa seperti makanan fast food dan makanan instan. Sedapat mungkin makanlah makanan segar yang tidak melewati banyak proses yang justru menghilangkan hampir seluruh kandungan nutrisinya.

6. Jangan putus asa Lalai dalam menjaga makanan? Ada jamuan atau rapat dengan tamu penting yang menyajikan makanan tinggi kalori dan tidak dapat Anda tolak? Tidak perlu menyerah dan merasa gagal. Kegagalan sesekali adalah hal yang wajar, tetapi jangan jadikan ini batu sandungan Anda.

Tetap lanjutkan diet Anda dengan semangat baru esok hari. Tembok Cina tidak dibangun dalam semalam, jadi janganlah putus asa apabila diet Anda belum dapat menjadi kebiasaan dalam waktu yang singkat. Tetaplah berusaha dan yakin bahwa Anda dapat mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](SH)

Tips Diet Sehat

Konsultasi Dokter Terkait