Saraf

Deddy Corbuzier Saraf Kejepit?

dr. Adithia Kwee, 28 Mar 2014

Ditinjau Oleh dr. Adithia Kwee

Akhir Januari 2014, musibah menimpa salah satu selebritis Indonesia, Deddy Corbuzier. Deddy jatuh pingsan saat sedang berolahraga di pusat kebugaran. Jatuhnya Deddy diduga karena ia menderita saraf kejepit, istilah yang tak asing lagi di telinga kita. Apa sebenarnya saraf kejepit itu?

Deddy Corbuzier Saraf Kejepit?

Akhir Januari 2014, musibah menimpa salah satu selebritis Indonesia, Deddy Corbuzier yang populer dengan program Diet OCD nya. Deddy Corbuzier jatuh pingsan saat sedang berolahraga di pusat kebugaran. Jatuhnya Deddy Corbuzier diduga karena ia menderita saraf kejepit, istilah yang tak asing lagi di telinga kita. Apa sebenarnya saraf kejepit itu?

Dalam struktur tulang belakang manusia, terdapat saluran  yang berisi cairan, dalam dunia medis disebut nukleus pulposus, masalah timbul ketika cairan ini keluar dari pelindungnya dan mulai menekan persarafan tulang belakang.

Oleh karena itulah dalam dunia medis saraf kejepit dikenal dengan istilah hernia nucleus pulposus. Penting bagi Anda untuk menghindari terjadinya hernia ini, karena biasanya penyakit ini sangat mengganggu aktivitas dan terjadi dalam jangka waktu yang panjang.

Apakah saraf kejepit bisa dihindari? Jawabnya adalah bisa. Untuk mengetahui lebih jauh, simaklah tips-tips berikut ini:

  1. Pastikan posisi tubuh Anda benar saat mengangkat beban, hampir seluruh kasus HNP disebabkan oleh robeknya penyangga nucleus karena posisi tubuh yang salah ketika mengangkat beban-beban yang berat.
  2. Duduk dengan posisi yang benar, posisi duduk yang benar adalah tegak dengan bagian belakang tubuh menempel pada kursi yang Anda duduki.
  3. Hindari mengambil benda yang letaknya jauh di belakang Anda karena hal ini dapat menyebabkan terpelintirnya saraf Anda.

Niscaya setelah mengikuti tips ini, Anda dapat terhindarkan dari saraf kejepit. Salam hidup sehat! Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.

Deddy Corbuzier Lumpuh Karena Saraf Kejepit?Deddy Corbuzier Lumpuh

Konsultasi Dokter Terkait