Sukses

Ahok: Semua Orang Harus Periksa Diabetes!

Indonesia adalah negara ke 7 di dunia dalam peringkat jumlah penderita diabetes terbesar di dunia. Wakil Gubernur DKI, Ir. Basuki Tjahaya Purnama memiliki ambisi DKI Jakarta harus menjadi role model pengentasan diabetes di Indonesia

KLIKDOKTER.com -  Indonesia adalah negara ke 7 di dunia dalam peringkat jumlah penderita diabetes terbesar di dunia. Wakil Gubernur DKI, Ir. Basuki Tjahaya Purnama memiliki ambisi DKI Jakarta harus menjadi role model pengentasan diabetes di Indonesia.

“Acara ini sudah menjadi agenda tahunan dari produk Diabetasol sebagai bagian dari kampanye Gerakan Stop Diabetes dengan pola hidup sehat 3J, yaitu Jumlah kalor untuk dibatasi, Jenis asupan nutrisi untuk diteliti sebelum dipilih, dan Jadwal asupan nutrisi untuk dijalani,” ujar Ongkie Tedjasurja, Chief Marketing Officer PT. Kalbe Farma, Tbk.Acara yang diadakan oleh PT. Kalbe Farma, Tbk., melalui salah satu brand-nya, Diabetasol ini merupakan puncak dari serangkaian acara Diabetasol Funwalk yang telah diadakan di lebih dari 33 kota di Indonesia dari Sabang hingga Merauke dengan jumlah peserta lebih dari 250.000 orang. Serangkaian acara lainnya dilakukan sebagai bagian dari kampanye Gerakan Stop Diabetes dengan edukasi pola hidup sehat 3J.“Semua orang harus tes gula darah. Pergi ke Puskesmas, ke klinik, ke dokter, kemana kek, yang penting harus tes kesehatan gula darah. Karena diabetes ini berbahaya, ngga ketahuan. Ketahuannya ya harus di tes.  Sementara diabetes kalau ketahuannya sudah parah, susah ngontrolnya. Jadi saya mau orang Jakarta tes cepetan sebelum terlambat,” ujar Ahok kepada 8.000 peserta Fun Walk Diabetasol pada peringatan World Diabetes Day 2013 yang diadakan di Lapangan Banteng pada Minggu (10/11).

Sejalan dengan himbauannya, Ahok dalam kesempatan yang sama menyempatkan diri untuk memeriksakan kadar gula darahnya di hadapan khalayak ramai. Hasil pemeriksaan yang dilakukan tim dokter Kalcare memaparkan kadar gula darah orang nomor dua di Jakarta itu adalah 104mg/dl. “Iya agak sedeng, tadi soalnya habis sarapan roti coklat,” tukas Ahok yang diikuti sontak tawa para peserta.

“Periksa gula darah itu memang penting dilakukan secara berkala. Sama urgent-nya kita untuk mengadakan program ini bersama para teman-teman dari PERSADIA (Persatuan Diabetes Indonesia), agar masyarakat lebih teredukasi mengenai bahaya yang dapat ditimbulkan oleh diabetes,” ujar Ketua PERSADIA Prof. dr. Sidartawan Soegondo, Sp.PD., PhD., FACE ketika membuka acara yang sama.

Senada dengan tanggapan Prof. Sidartawan, Presiden Direktur PT. Kalbe Farma Tbk., Irawati Setiady yang menyempatkan hadir bersama menyampaikan hal serupa. “Melalui kegiatan ini kami ingin memberitahukan edukasi kepada masyarakat mengenai pencegahan dan penanggulangan diabetes. Dimana acara ini sejalan dengan tanggung jawab sosial perusahaan untuk mewujudkan Indonesia sehat untuk menuju kehidupan yang lebih baik. Saat ini diabetes merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian di Indonesia, oleh sebab itu edukasi tentang pencegahan penyakit diabetes ini sangat penting dilakukan.[](DA)

Artikel Terkait:

    0 Komentar

    Belum ada komentar