HomeIbu Dan anakKehamilanJenis Olahraga yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil
Kehamilan

Jenis Olahraga yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil

Tim Redaksi KlikDokter, 15 Mar 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ada beberapa jenis olahraga yang sebaiknya dihindari saat hamil. Beberapa jenis olahraga yang sebaiknya dihindari, simak selengkapnya oleh dr. Dewi Ema Anindia disini

Jenis Olahraga yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil

Klikdokter.com - Tentu Anda pernah mendengar keuntungan dari berolahraga saat hamil seperti tidur yang lebih baik, lebih bertenaga, dan membantu suasana hati. Sangat baik bila saat hamil Anda melakukan olahraga ringan seperti jalan atau berenang. Namun ada beberapa jenis olahraga yang sebaiknya Anda hindari saat Anda hamil. Beberapa jenis olahraga yang sebaiknya dihindari adalah:

1. Olahraga untuk mengurangi berat badan

Selama Anda hamil memang ada keumgkinan Anda menambah berat badan sebanyak 10 – 15 kg. Hal ini memang dapat membuat Anda merasa buruk namun sebaiknya Anda mengurangi berat badan itu setelah melahirkan. Selama Anda mengkonsumsi makanan yang sehat, penambahan berat badan selama hamil merupakan tanda bahwa perkembangan janin Anda baik. (Baca: Olahraga Mengurangi Berat Badan Setelah Melahirkan)

2. Olahraga Kontak

Olahraga berat seperti sepakbola dan basket sebaiknya dihindari karena memliki risiko untuk mengenai perut Anda. Hindari olahraga ini terutama setelah trimester pertama.

3. Olahraga dengan risiko Jatuh

Olahraga yang membutuhkan keseimbangan seperti berselancar, atau bersepeda sebaiknya dihindari oleh karena dengan bertambah besar perut Anda maka akan sulit untuk mencapai keseimbangan.  

4. Terlalu Berat

Terlalu memaksakan diri melakukan olahraga hingga terlalu lelah juga sebaiknya dihindari saat hamil, karena dapat membuat mengurangi aliran darah ke rahim.

5. Melompat

Hindari segala kegiatan yang ada unsur melompat sebaiknya dihindari karena meningkatkan resiko kecelakaan.

6. Terlalu panas

Hindari udara terlalu panas saat sedang berolahraga, usahakan berolahraga pada udara yang dingin atau hangat.

7. Berbaring

Tidak ada salahnya berbaring beberapa menit. Namun saat uterus Anda semakin membesar, dapat menghentikan aliran darah ke kaki dan ke janin Anda.

8. Pergi Ke Tempat Tinggi

Bila Anda ingin mengunjungi pegunungan saat Anda hamil, coba diusahakan dibawah 6,000 kaki.

9. Hindari olahraga menyelam

Disarankan sebaiknya hindari dahulu olahraga menyelam, dimana sangat banyak risiko yang dapat ditimbulkan bagi keselamatan ibu dan janin.

Selama kehamilan coba lakukan olah raga yang lebih santai dan tidak terlalu berat. Coba lakukan tips seperti kurangi intesitas olahraga, kurangi waktu berolahraga, dan lakukan olahraga yang lebih ringan. Selamat Mencoba!!

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](EA)

Olahraga Kehamilan Bahaya

Konsultasi Dokter Terkait