Sukses

Kematian Mendadak Copywriter Muda

Atensi media dan masyarakat tengah berpaling ke fenomena ?overworked? yang merengut nyawa seorang copywriter muda, Mita Diran (23) pada Minggu (15/12) lalu. Dilaporkan di beberapa media almarhumah meninggal dunia setelah mencoba bekerja 30 jam nonstop guna menyelesaikan pekerjaan kantornya...

KLIKDOKTER.com – Atensi media dan masyarakat tengah berpaling ke fenomena ‘overworked’ yang merengut nyawa seorang copywriter muda, Mita Diran (23) pada Minggu (15/12) lalu. Dilaporkan di beberapa media almarhumah meninggal dunia setelah mencoba bekerja 30 jam nonstop guna menyelesaikan pekerjaan kantornya. Disebutkan juga sebelumnya almarhumah sempat mengkonsumsi minuman berenergi 24 jam sebelum kematiannya. Tidak sedikit manusia-manusia pekerja di kota besar terkejut, pasalnya tidak sedikit di kalangan pekerja dihadapkan situasi yang demikian.

Jadi apakah yang mencetuskan kematian mendadak di usia muda? Faktor kelelahankah? Minuman berenergikah? Atau faktor lainnyakah?

Berikut pemaparan beberap pencetus kematian di usia muda terpopuler:

1. Henti Jantung

Kematian mendadak karena henti jantung dapat diakibatkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah:
  • Adanya masalah pada pembuluh darah jantung baik penyumbatan maupun pembuluh darah jantung yang tidak normal.
  • Otot jantung yang menebal sehingga membuat proses pompa darah jantung menjadi sangat sulit.
  • Adanya masalah irama jantung yang diturunkan secara genetik

2. Pecahnya Pembuluh Darah

Pecahnya pembuluh darah terutama dapat disebabkan karena beberapa hal
  • Pelebaran pembuluh darah dan menipisnya dinding pembuluh darah, dalam dunia medis disebut dengan aneurisma. Kondisi ini dapat terjadi di pembuluh darah besar seperti di pembuluh utama jantung atau di pembuluh darah otak atau ginjal.
  • Tekanan darah yang terlalu tinggi dan tidak terkontrol dapat menyebabkan pembuluh darah otak pecah.

3. Ayan/Epilepsi

Serangan ayan/epilepsi secara tiba-tiba dan tidak segera diatasi dapat menyebabkan kesulitan bernapas dan menyebabkan kematian. Untuk itu sangatlah penting agar penderita ayan/epilepsi untuk rutin kontrol agar penyakitnya terkontrol.

4. Cedera Kepala

Cedera kepala yang menyebabkan kematian seringkali disebabkan karena kecelakaan, baik kecelakaan kendaraan bermotor maupun kecelakaan kerja.

Pada kondisi kasus Mita, dilaporkan ditemukan kondisi penggumpalan darah di pembuluh darah di otak yang menyebabkan sumbatan. Pada kondisi ini diketahui sebagai keadaan yang sudah berlangsung lama. Dan besar kemungkinan diperparah oleh peningkatan tekanan darah dari minuman berenergi.

Untuk mengantisipasi berbagai kondisi kesehatan yang mungkin dapat merugikan Anda, pastikanlah Anda membiasakan hidup sehat dengan menjalani pola hidup sehat, melakukan pemeriksaan kesehatan berkala lewat program medical check up, tidak menganggap remeh keluhan-keluhan kesehatan yang Anda alami dan memperhatikan keselamatan diri dalam beraktivitas.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](DA/JF)

 

Baca juga:

 

0 Komentar

Belum ada komentar