Sukses

Diet Rendah Karbohidrat Baik untuk Jerawat

Melalui pengamatan dr. Alan R. Shalita, profesor dermatologi di pusat kedokteran SUNY Downstate, New York, konsumsi makanan rendah karbohidrat dapat mempengaruhi kontrol hormonal pada jerawat sehingga jerawat dapat membaik. Kadar gula dalam darah yang terkontrol dapat memperbaiki kondisi berjerawat. Selain itu...

KlikDokter.com - Jerawat adalah penyakit kulit yang terjadi akibat peradangan menahun pada pori-pori dan kelenjar lemak kulit yang ditandai dengan adanya komedo dan benjolan peradangan kulit pada tempat-tempat tertentu.

Tempat-tempat yang biasanya sering terdapat jerawat adalah wajah, bahu, dada bagian atas dan punggung bagian atas. Kadang-kadang dapat juga terdapat pada leher, lengan atas dan bokong. Usia, ras, faktor keturunan, makanan dan cuaca/musim dapat secara tidak langsung memicu terjadinya jerawat.

Pengaruh Makanan pada Jerawat
Melalui pengamatan dr. Alan R. Shalita, profesor dermatologi di pusat kedokteran SUNY Downstate, New York, konsumsi makanan rendah karbohidrat dapat mempengaruhi kontrol hormonal pada jerawat sehingga jerawat dapat membaik. Kadar gula dalam darah yang terkontrol dapat memperbaiki kondisi berjerawat. Selain itu, produk susu dan juga makanan berlemak sebaiknya juga dihindari. Makanan-makanan ini dapat menyebabkan terjadinya peningkatan minyak dalam kelenjar sebasea kulit sehingga memicu terjadinya jerawat.

Pengaruh makanan terhadap jerawat ini memang masih banyak diperdebatkan dan seringkali ditemukan hasilnya individual, namun, jika setelah dicoba dalam jangka waktu tertentu memberikan hasil yang terbaik, maka sebaiknya diet rendah lemak, rendah karbohidrat dan konsumsi produk susu yang terkontrol harus dipertahankan.

Pencegahan dan pengobatan Jerawat
Untuk mencegah terjadinya jerawat, selain obat-obatan tertentu, penderita jerawat perlu menerapkan pola hidup sehat dengan cukup berisitirahat, berolah raga yang teratur dan menghindari stres. Penggunaan kosmetika juga sebaiknya tidak berlebihan, disesuaikan dengan kondisi kulit dan pastikan jangan sampai tertidur dengan menggunakan kosmetika yang belum dibersihkan. Perawatan kulit yang baik seperti mencuci wajah dengan pembersih yang sesuai agar menjaga kulit dari debu/kotoran yang menumpuk, menjaga kelembaban kulit dengan pelembab yang sesuai dan menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit akan membantu kontrol minyak pada kulit yang berjerawat dan dapat mencegah jerawat.

Jerawat yang ringan atau sedang sebenarnya dapat diobati dengan obat jerawat yang beredar bebas di pasaran. Jika jerawat yang terjadi cukup berat, sebaiknya ditangani oleh dokter karena penggunaan obat-obat jerawat bebas seringkali cenderung memperparah kondisi jerawat penderita.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](JF)

 

Ditulis oleh:

dr. Jessica Florencia

Anggota Dewan Redaksi Medis

Klikdokter.com

 

0 Komentar

Belum ada komentar