Sukses

Kentang vs Nasi: Mana yang Lebih Sehat?

Benarkah kentang jauh lebih sehat dan tidak menggemukkan dibandingkan nasi? Yuk ketahui lebih jauh bersama dr. Nadia Octavia disini.

Klikdokter.com - Bagi Anda yang sedang menjalani diet atau menderita diabetes, mungkin sudah sering mendengar saran, baik dari orang-orang terdekat maupun dokter, untuk mengganti nasi dengan kentang.

Namun benarkah kentang jauh lebih sehat dan tidak menggemukkan? Benarkah nasi harus dijauhi oleh Anda yang menderita diabetes?

 

Bagaimana perbandingan nutrisi antara kentang dengan nasi?

Baik kentang maupun nasi, keduanya merupakan karbohidrat kompleks, yaitu bahan utama pembentukan energi di dalam tubuh. Nasi putih sendiri memiliki kandungan nutrisi seperti thiamin, niacin, asam folat dan besi. Sedangkan nasi merah memiliki tambahan ekstra serat. Kentang memiliki vitamin C dan potassium. Sedangkan bila dimakan bersama kulitnya, dapat memberikan tambahan serat.

Benarkah makan nasi bisa menggemukkan?  

Jawabannya tergantung. 1 mangkuk nasi putih mengandung 200 kalori yang setara dengan 4 kentang rebus (seukuran sebutir telur). Makan kentang atau nasi sendiri tidak membuat seseorang lantas menjadi gemuk. Namun pada prinsipnya cara penyajian adalah yang paling menentukan dapat memberikan tambahan kalori.

Bandingkan dengan kentang tersebut digoreng. Maka kalorinya akan meningkat menjadi 230 kalori. Belum lagi jika diberikan mentega, krim atau mayones. Maka kalorinya akan jauh meningkat. Sama halnya dengan nasi. Nasi yang digoreng atau diberikan santan seperti nasi uduk dapat meningkatkan kalorinya berlipat ganda. Jika tidak digunakan untuk beraktivitas fisik, maka kalori yang berlebih tersebut dapat disimpan dalam tubuh menjadi lemak.

 

Bagaimana cara penyajian nasi dan kentang yang sehat?

Penyajian nasi dan kentang yang sehat antara lain dengan merebusnya, dikukus ataupun dibakar.

Untuk mashed potato (kentang tumbuk), Anda dapat menyajikannya dengan mengganti lemak dalam krim atau mentega menjadi susu rendah lemak.

 

Apakah kentang lebih baik dari nasi untuk penderita diabetes?

Indeks glikemik merupakan suatu kemampuan makanan untuk meningkatkan kadar gula di dalam darah. Indeks glikemik yang rendah mengindikasikan makanan yang lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Kentang sendiri memilki indeks glikemik 70, sementara nasi putih 86 dan nasi merah 55.

Sehingga penderita diabetes sendiri dianjurkan untuk memilih sumber karbohidrat yang kaya serat dan mempunyai indeks glikemik rendah seperti nasi merah, pasta atau oat.

Jadi, pilih kentang atau nasi? Pilihannya kembali kepada Anda. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](NO)

 

Ditulis oleh:

dr. Nadia Octavia

Anggota Dewan Redaksi Medis

Klikdokter.com

 

Baca juga:

 

0 Komentar

Belum ada komentar