Sukses

Jantung Sehat dengan Cukup 2000 Langkah Sehari

Penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal Lancet, menemukan bahwa berjalan hingga 2,000 langkah dalam sehari atau sama dengan 20 menit jalan dengan kecepatan sedang, dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Klikdokter.com - Berjalan kaki terbukti dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung. Baru–baru ini para peneliti menemukan berapa banyaknya langkah berjalan yang dibutuhkan untuk membuat Anda lebih sehat dalam hal ini adalah kesehatan jantung.  Bahkan dengan berjalan pun, para penderita diabetes dapat mengurangi risiko penyakit jantung atau stroke sebanyak 8%.

Kenapa harus 2.000?

Penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal Lancet, menemukan bahwa orang dengan gejala awal diabetes, bila menambah langkah berjalan hingga 2,000 langkah dalam sehari atau sama dengan 20 menit jalan dengan kecepatan sedang, dapat membantu mengurangi risiko terkena kelainan pada jantung.

Apa buktinya?

Penelitian ini melihat 9,306 orang dewasa dari 40 negara yang mengikuti percobaan yang dinamakan NAVIGATOR.  Dalam penelitian ini para peneliti melihat hubungan antara jumlah langkah dan risiko terjadinya gangguan penyakit hati pada tahun tersebut termasuk menghitung faktor risiko lain.

Orang yang melakukan jalan kaki sedikitnya sebanyak 2000 langkah sehari, ternyata menunjukkan penurunan 10% angka risiko terjadi gangguan jantung di tahun berikutnya. Oleh karena itu, penemuan ini merupakan penemuan yang sangat baik dan mendukung kegiatan olahraga dalam mengurangi risiko penyakit jantung.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](EA/DA)

 

Ditulis oleh:

dr. Dewi Ema Anindia

Anggota Dewan Redaksi Medis

Klikdokter.com

 

Baca juga:

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar