Sukses

5 Tips Mengatasi Kantung Mata

Kantung mata merupakan masalah minor yang seringkali dapat mengganggu penampilan. Kantung mata disebabkan karena adanya penumpukan cairan pada daerah bawah mata yang memang merupakan daerah dengan jaringan kulit dan penunjang yang paling tipis dan paling longgar...

Oleh: dr. Jessica Florencia

KlikDokter.com - Kantung mata merupakan masalah minor yang seringkali dapat mengganggu penampilan. Kantung mata disebabkan karena adanya penumpukan cairan pada daerah bawah mata yang memang merupakan daerah dengan jaringan kulit dan penunjang yang paling tipis dan paling longgar.

Konsumsi makanan tinggi garam saat makan malam atau menangis pada malam hari dapat menyebabkan timbulnya kantung mata pada pagi hari karena cairan tubuh akan berpindah ke daerah yang lebih banyak mengandung garam. Posisi tidur berbaring rata atau miring sebelah, kurang tidur dan cuaca yang terlalu panas dan lembab juga dapat menyebabkan pembentukan kantung mata.

Kantung mata juga paling sering terjadi bersamaan dengan terjadinya penuaan. Ketika terjadi penuaan, lapisan kulit dan jaringan di sekitar mata makin mengendur. Jaringan otot di sekitar mata juga melemah sehingga memungkinkan lemak-lemak penunjang mata mengendur dan menyebabkan kantung mata.

Secara umum, terbentuknya kantung mata bukanlah suatu hal yang serius. Namun beberapa kondisi perlu diwaspadai pada pembentukan kantung mata yang cukup parah, menetap, disertai gatal dan kemerahan, serta terjadi pada bagian tubuh lain. Penumpukan cairan tersebut dapat terjadi pada mereka yang menderita alergi, flu, sinusitis, masalah tiroid dan masalah ginjal.

Simak tips-tips untuk mengatasi dan mencegah kantung mata berikut ini:

  1. Gunakan kompres dingin. Kompres bagian bawah mata dengan kain bersih dan air sejuk sambil sedikit ditekan selama beberapa menit dalam posisi tegak.
  2. Tidur cukup pada malam hari. Orang dewasa perlu tidur 7-8 jam sehari.
  3. Tidur dengan posisi berbaring dengan kepala agak lebih tinggi. Dengan posisi kepala lebih tinggi maka akan mencegah penumpukan cairan pada jaringan bawah mata. Tidur dengan posisi miring sebelah juga perlu dihindari agar tidak terjadi penumpukan cairan pada jaringan bawah mata.
  4. Jangan sering menggosok-gosok mata.
  5. Jangan lupa membersihkan perias mata sebelum tidur karena perias mata dapat menyebabkan iritasi pada daerah mata dan mengakibatkan penumpukan cairan pada jaringan bawah mata.
  6. Kompres sejuk dengan mentimun, kantong teh, atau sendok dapat mengurangi pembengkakan di daerah bawah mata.
  7. Pencegahan dini diperlukan karena setelah beberapa tahun, kantung mata akan menetap dan memerlukan tindakan bedah kosmetik untuk mengkoreksinya. Pada beberapa kasus yang melibatkan penuaan dan kekenduran jaringan juga terkadang diperlukan operasi kosmetik.

 

Sudahkah kantung mata Anda teratasi?[](JF)

 

Source:

  1. Mayo Clinic [http://www.mayoclinic.com/]. Mayo Foundation for Medical Education and Research. [updated 2011 Oct 28; cited 2013 May 21]. Available from: http://www.mayoclinic.com/health/bags-under-eyes/DS01151
  2. WebMD [http://www.webmd.com]. WebMD Health Beauty. [cited 2013 May 21]. Available from: http://www.webmd.com/beauty/eyes/banish-the-bags-under-your-eyes

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar