Sukses

P3K Akibat Abu Vulkanik

Material abu asap vulkanik yang keluar dari gunung berapi memiliki potensi bahaya kesehatan pernapasan. Materi mikro yang berterbangan di udara ini sangat mudah untuk bisa masuk ke dalam saluran pernapasan manusia dan membawa dampak fatal jika tidak ada pertolongan pertama ataupun lanjutan pada korban.

KLIKDOKTER.COM - Material abu asap vulkanik yang keluar dari gunung berapi memiliki potensi bahaya kesehatan pernapasan. Materi mikro yang berterbangan di udara ini sangat mudah untuk bisa masuk ke dalam saluran pernapasan manusia dan membawa dampak fatal jika tidak ada pertolongan pertama ataupun lanjutan pada korban.

Berikut ada beberapa hal yang dapat dilakukan jika terpapar abu vulkanik, antara lain:

MATA:

  • JANGAN MENGGOSOK MATA. 
    Jangan sekali-sekali menggosok / mengucek mata yang kemasukkan abu vulkanik. Jika dilakukan akan membawa potensi kepada risiko infeksi. Coba pejamkan mata beberapa saat, tindakan ini adalah berusaha mengandalkan pembersih alami yang dimiliki mata terhadap benda asing, yakni air mata

  • CARI TEMPAT BERSIH / AMAN
    Sebelum mencoba cara kedua, yakni mengalirkan air bersih / obat tetes mata, pastikan Anda berdiri pada area yang tidak dilewati abu / kotoran di udara.

  • BASUH DENGAN AIR BERSIH / OBAT TETES MATA.
    Jika tindakan ini masih tidak berhasil, celupkan mata ke dalam air bersih dan steril agar hanyut keluar.

  • BAWA KE DOKTER
    Bawa segera penderita / korban jika keluhan berlanjut untuk membawa perawatan khusus.

PERNAPASAN

  • CARI TEMPAT BERSIH / AMAN
    Pastikan situasi untuk menolong bersih dan steril jauh dari ancaman asap / debu vulkanik yang lebih hebat. Tempatkan korban / penderita pada posisi yang nyaman, duduk tegak bersandar. Hindari posisi tiduran.

  • BERIKAN OBAT SEMPROT
    Jika memungkinkan terdapat obat inhaler, berikan. Jika korban tidak sadarkan diri, maka berikan Bantuan Hidup Dasar (BSL - Basic Life Support) untuk jalan napas dapat dipelajari di:
    /healthnewstopics/read/2010/11/01/15031153/jalan-napas--airway-

  • BAWA KE DOKTER.
    Bawa segera penderita / korban jika keluhan berlanjut untuk membawa perawatan khusus.

Gunakan masker dan pelindung untuk mengurangi potensi paparan abu yang ada. Bagaimanapun pertolongan terbaik paling pertama adalah dari tenaga paramedis yang memiliki pengetahuan untuk mengatasi masalah darurat yang ada. Namun jika kondisi mendesak Anda untuk harus menjadi orang yang memberikan pertolongan pertama pada kondisi darurat, sudah saatnya Anda memiliki pengetahuan mendasar Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan.[]

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](DA)

 

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar