Gigi Mulut

Manfaat Teh Hijau untuk Pengguna Kawat Gigi

drg. Wiena Manggala Putri, 28 Agu 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Manfaat teh hijau ternyata tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi juga gigi, terutama bagi pengguna kawat gigi!

Manfaat Teh Hijau untuk Pengguna Kawat Gigi

Teh hijau nyatanya juga memiliki manfaat tersendiri bagi kamu pengguna kawat gigi. Salah satu manfaatnya adalah mencegah masalah gusi yang sering muncul pada pengguna kawat gigi.

Pemakaian behel umumnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Tak heran, sejumlah masalah rongga mulut biasanya akan muncul, seperti penyakit periodontal. 

Menurut Journal of Family Medicine and Primary Care, minum teh hijau dapat membantu meningkatkan kesehatan gusi. Minuman ini mengurangi peradangan, mencegah resorpsi tulang, dan membatasi pertumbuhan bakteri terkait penyakit periodontal (jaringan penyangga gigi).

Manfaat Teh Hijau untuk Pemakai Kawat Gigi

Nah, berikut ini selengkapnya manfaat teh hijau untuk gigi yang berguna bagi pemakai behel: 

1. Mencegah Gigi Berlubang

Gigi berlubang kerap muncul pada pengguna behel. Hal ini umumnya disebabkan oleh plak dan sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi dan kawat yang tidak tersikat oleh sikat gigi.

Dengan minum teh hijau, kandungan catechin khususnya Epigallocatechin Gallate (EGCG) di dalamnya yang bersifat antiinflamasi dan antibakteri mampu menghambat pembentukan dan perlekatan bakteri pada gigi.

Karena pertumbuhan bakteri terhambat, tingkat keasaman air liur akan turun. Hal ini dapat mencegah gigi berlubang. 

Artikel lainnya: Berapa Kali Karet Behel Harus Diganti dalam Setahun?

2. Menyehatkan Gusi

Radang gusi umumnya terjadi karena adanya behel atau kawat gigi yang menyulitkan pembersihan gigi. Akibatnya, plak dan sisa makanan menumpuk di sekitar gigi dan behel, sehingga menyebabkan gusi meradang. 

Dengan kandungan EGCG pada teh hijau, pertumbuhan Porphyromonas gingivalis sebagai penyebab penyakit periodontal terbukti dapat terhambat.

Mengonsumsi teh hijau secara teratur juga dapat mengurangi perdarahan pada gusi, kedalaman poket, dan mempercepat penyembuhan penyakit periodontal. 

3. Mengatasi Bau Mulut

Risiko penumpukan plak yang tidak tersikat pada pengguna behel akan menyebabkan timbulnya bau mulut. Kondisi ini dikenal juga dengan istilah halitosis

Senyawa sulfida yang mudah menguap, terutama hidrogen sulfida (H2S), metil merkaptan (CH3SH), dan dimetilsulfida ((CH3)2S), merupakan komponen utama bau mulut.

Kandungan catechin teh hijau mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab bau mulut. Oleh karena itu, rajinlah minum teh hijau untuk mencegah bau mulut saat pakai kawat gigi. 

4. Mencegah Masalah Lain pada Rongga Mulut 

Disarankan segera hentikan kebiasaan merokok ketika menggunakan behel. Sebab, menggunakan tembakau, baik dalam bentuk asap maupun tanpa asap, memiliki efek berbahaya pada kesehatan periodontal dan rongga mulut.

Perokok juga berisiko lebih tinggi terkena kanker mulut yang mungkin disebabkan penurunan aktivitas enzim saliva (air liur).

Kandungan EGCG katekin di dalam teh hijau dapat mengurangi toksisitas akrolein dan aldehida tak jenuh lainnya. Oleh karenanya, teh hijau telah terbukti menjadi salah satu obat alami untuk membantu menunjang kesehatan mulut. 

5. Memperkuat Lapisan Gigi

Beberapa jenis teh hijau memiliki kandungan fluoride yang dapat memperkuat gigi. Fluoride biasanya juga terdapat pada pasta gigi. Memilih pasta gigi yang mengandung teh hijau dapat memberikan perlindungan maksimal pada gigi.

Artikel lainnya: Ini Kondisi Gigi yang Perlu Pakai Behel, Apa Saja?

Cara Menggunakan Teh Hijau untuk Pengguna Kawat Gigi

Penggunaan kawat gigi membutuhkan ketelatenan dalam menjaga kebersihan dan merawatnya. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi teh hijau. 

Berikut ini cara penggunaan teh hijau bagi pengguna behel: 

  • Minum teh hijau seduh secara rutin untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut
  • Gunakan mouthwash atau obat kumur mengandung teh hijau, yang membantu menyembuhkan radang gusi dan mencegah gigi berlubang
  • Gunakan pasta gigi mengandung teh hijau, yang dapat menyehatkan gusi, mencegah menempelnya plak gigi, dan memperkuat gigi

Teh hijau untuk gigi memang dipercaya memiliki peran yang bermanfaat. Namun, sejumlah penelitian masih perlu dilakukan. 

Agar perawatan behel gigi memberikan hasil optimal, diperlukan kerja sama yang baik antara pengguna kawat gigi dengan dokter gigi. 

Jagalah selalu kebersihan kawat gigi untuk mencegah berbagai macam gangguan kesehatan gigi dan mulut, seperti radang gusi akibat penggunaan behel. 

Selain itu, jangan lupa rajin kontrol ke dokter gigi, sehingga perawatan dapat berjalan lancar dan terhindar dari masalah gigi lainnya. Tanya dokter gigi kalau kamu butuh tips seputar pemakaian kawat gigi.

Dapatkan beragam tips perawatan gigi pengguna behel lebih lengkap di aplikasi KlikDokter, solusi untuk #JagaSehatmu!

(FR/JKT)

Referensi:

Journal of Family Medicine and Primary Care. Diakses 2022. Therapeutic effects of green tea as an antioxidant on oral health - A review. 

Teh hijaubehelGigi dan Mulut

Konsultasi Dokter Terkait