Sukses

Manfaat Teh Hijau untuk Pengguna Kawat Gigi

Manfaat teh hijau ternyata tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga untuk kesehatan gigi, terutama bagi pengguna kawat gigi.

Perawatan ortodontik atau kawat gigi bisa memakan waktu yang cukup lama. Umumnya, lama perawatan behel sampai 2 tahun. Namun, jika pasien tidak rutin kontrol, durasi waktu perawatannya pun akan bertambah menjadi paling lama 7 tahun.

Karena lamanya perawatan gigi tersebut, masalah gigi dan mulut biasanya akan muncul, seperti gusi berdarah, terdapat lubang gigi di sekitar behel, dan lainnya. Selain lamanya pemakaian kawat gigi, tidak rajin menjaga kebersihan behel pun menjadi faktor pemicu radang gusi.

Salah satu upaya agar terhindar dari radang gusi ternyata bisa melalui konsumsi teh hijau. Yuk, simak manfaat teh hijau bagi pengguna kawat gigi!

Artikel Lainnya: 4 Manfaat Mengonsumsi Teh Hijau

1 dari 3 halaman

Manfaat Teh Hijau untuk Pengguna Behel

Teh hijau dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti berperan sebagai antioksidan, membakar lemak, mencegah penuaan dini, dan lain-lain. Selain itu, ada juga manfaat teh hijau pada penggunaan kawat gigi, seperti: 

  1. Terhindar dari Radang Gusi

Radang gusi umumnya terjadi karena adanya behel pada gigi sehingga menyulitkan pembersihan gigi. Plak gigi dan sisa makanan yang menumpuk di sekitar behel gigi tersebut lama kelamaan dapat menyebabkan gusi meradang. 

Menurut seminar ilmiah KPPIKG 2013, berkumur dengan teh hijau yang kaya antioksidan dapat menurunkan kadar aspartate aminotransferase (AST) pada pasien ortodontik. Kadar AST yang tinggi menunjukkan adanya peradangan pada gusi. 

Artikel Lainnya: 4 Masalah Kesehatan Gigi yang Mengintai Pengguna Behel

  1. Menyehatkan Gusi dan Mencegah Gigi Berlubang

Teh hijau mengandung katekin di dalamnya. Katekin efektif membunuh bakteri penyebab penyakit gusi dan bakteri penyebab gigi berlubang. Karena itu, sayang sekali jika Anda melewatkan manfaat teh hijau yang satu ini. 

  1. Mengurangi Pembentukan Plak Gigi

Kandungan polifenol di dalam teh hijau mencegah plak gigi menempel pada permukaan gig. Sehingga selain mencegah penumpukan plak gigi, juga mengurangi risiko gigi berlubang.

  1. Mengatasi Bau Mulut

Teh hijau dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, sebisa mungkin rajinlah konsumsi teh hijau agar mendapatkan manfaat teh hijau ini. 

  1. Memperkuat Lapisan Gigi

Beberapa jenis teh hijau memiliki kandungan fluoride yang dapat memperkuat gigi. Kandungan fluoride biasanya juga terdapat pada pasta gigi. Memilih pasta gigi yang mengandung teh hijau dapat memberikan perlindungan maksimal pada gigi.

Artikel Lainnya: Untuk Pemula, Ini 5 Tips Merawat Gigi dengan Behel

2 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Teh Hijau untuk Kawat Gigi

Penggunaan kawat gigi menuntut Anda untuk telaten dalam menjaga kebersihannya, agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi teh hijau. 

Berikut ini cara penggunaan teh hijau bagi pengguna kawat gigi: 

  1. Minum teh hijau dengan cara diseduh secara rutin. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.
  2. Menggunakan mouthwash atau obat kumur mengandung teh hijau. Obat kumur dapat membantu menyembuhkan penyakit radang gusi dan juga mencegah gigi berlubang.
  3. Menggunakan pasta gigi mengandung teh hijau. Pasta gigi yang mengandung teh hijau dapat menyehatkan gusi dan mencegah menempelnya plak gigi serta memperkuat gigi.

Agar perawatan behel gigi bisa berjalan lancar dan memberikan hasil optimal, maka diperlukan kerja sama yang baik antara pengguna kawat gigi dengan dokter gigi. Oleh karena itu, diperlukan kedisiplinan untuk rutin kontrol behel ke dokter gigi setiap 2-3 minggu sekali.

Selain itu, jagalah kebersihan behel gigi di rumah untuk mencegah berbagai macam gangguan kesehatan gigi dan mulut, seperti radang gusi akibat penggunaan behel.

Apabila memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Salam sehat!

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar