Sukses

Perlambat Penuaan dengan Tabir Surya

Tampak awet muda adalah dambaan semua orang, terutama perempuan. Proses penuaan pada kulit merupakan suatu proses yang akan terus berlangsung dan tidak dapat dihentikan, namun dapat diperlambat. Salah satu rahasia untuk tampak awet muda ternyata tidak terlalu sulit, yaitu dengan

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani

Klikdokter.com - Tampak awet muda adalah dambaan semua orang, terutama perempuan. Proses penuaan pada kulit merupakan suatu proses yang akan terus berlangsung dan tidak dapat dihentikan, namun dapat diperlambat. Salah satu rahasia untuk tampak awet muda ternyata tidak terlalu sulit, yaitu dengan menggunakan tabir surya setiap hari.

Peneliti dari Australia menemukan bahwa orang yang menggunakan tabir surya  (sunscreen) setiap hari memiliki garis keriput yang lebih sedikit dibanding mereka yang tidak menggunakan tabir surya secara teratur.

Penelitian ini dilakukan pada 900 orang warga Australia yang berusia 25-55 tahun dan dilihat perkembangan kondisi kulitnya selama 4,5 tahun. Dari penelitian tersebut didapatkan bahwa orang dewasa (pria dan wanita)  yang menggunakan tabir surya setiap hari memiliki garis keriput 24% lebih sedikit dibanding mereka yang hanya menggunakannya sewaktu-waktu.

Penggunaan tabir surya secara teratur pada usia remaja dan dewasa muda memiliki manfaat secara kosmetik dengan memperlambat proses penuaan dan menurunkan risiko kanker kulit dalam jangka lama.

Bagaimana bisa begitu? Sebagian besar masalah penuaan disebabkan oleh paparan sinar matahari (photo-aging). Sinar UV akan mengaktivasi Reactive Oxygen Species (ROS) yang dikenal sebagai radikal bebas yang akan merusak sel dengan cara memicu terjadinya peradangan dan cross-linking kolagen. Tabir surya berperan untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet, dengan begitu akan memperlambat proses penuaan.

Gunakanlah tabir surya dengan sun-protection factor (SPF) 15 atau lebih di daerah wajah, leher, lengan, dan kaki setiap pagi. Untuk hasil yang lebih memuaskan, lakukan pola hidup sehat dan menkonsumsi makanan sehat yang kaya akan antioksidan setiap harinya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](DK)

 

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar