Sukses

Obat Tradisional Cina, Aman?

Radio, televisi, koran, majalah, atau mungkin sebuah tiang listrik. Di tempat-tempat inilah Anda kerap menemukan promosi besar-besaran dari pengobatan tradisional ala negeri China yang akrab disebut TCM (Traditional Chinese Medicine). Simak selengkapnya dari dr. Adithia Kwee disini.

Oleh: dr Adithia Kwee

Klikdokter.com - Radio, televisi, koran, majalah, atau mungkin sebuah tiang listrik. Di tempat-tempat inilah Anda kerap menemukan  promosi  besar-besaran dari pengobatan tradisional ala negeri China yang akrab disebut TCM (Traditional Chinese Medicine) atau Obat Tradisional Cina.

Saat ini, Klinik TCM tidak sulit Anda temukan, reputasinya selama ini cukup baik di mata masyarakat, bahkan metode TCM sudah dikenal masyarakat dunia. Klinik ini memberikan banyak harapan bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang sudah pasrah karena mendengar vonis dari dokter. Mereka yang  biasanya mengidap penyakit penyakit kronis seperti kanker seringkali berharap menemukan secercah titik terang lewat TCM.

Hasilnya?

Kebanyakan mereka merasa jauh lebih baik dan sehat seketika setelah pulang dari klinik TCM, Namun apakah yang sebenarnya terjadi? Benarkah bahwa penyakit yang diderita sudah benar benar sembuh?

TCM merupakan warisan ilmu turun temurun dari negeri China, yang khasiatnya sudah tidak diragukan lagi. Walaupun demikian pada praktiknya, tidak semua klinik TCM benar benar mengadaptasi ilmu pengetahuan dan teknik yang benar.

 

Fakta justru berkata lain, banyak penyelidikan menemukan terdapat sejumlah klinik TCM yang didalam obat-obatan ‘herbal’ mereka, justru terkandung obat obatan steroid dosis tinggi dan campuran berbagai obat zat-zat kemoterapi. Sungguh fakta yang menyayat hati, bagaimana tidak, oknum yang mengaku sebagai dokter di klinik TCM secara tidak langsung membunuh pasiennya perlahan sambil memeras koceknya.

Steroid dosis tinggi dan zat kemoterapi ini secara kasat mata memang langsung menimbulkan perbaikan pesat pada pasien, tetapi hal itu tidak berlangsung lama, beberapa saat kemudian keadaan pasien akan memburuk dan kanker sudah terlalu gawat untuk ditolong. Obat tradisional palsu ini juga dipatok dengan harga yang selangit, bahkan kadang lebih mahal dari kemoterapi itu sendiri. Menyedihkan bukan?

Dunia medis bukanlah dunia yang anti terhadap alternatif,  Tidak sedikit obat tradisional yang memang berkhasiat secara nyata bagi kesehatan. Namun Anda sebagai konsumen yang menentukan. Teliti sebelum membeli, dan jadilah konsumen yang cerdas. Agar Anda terhindar dari risikonya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik obat tradisional cina, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)

 

Baca juga:

 

0 Komentar

Belum ada komentar