Sukses

Apa Dampak Jika Anak Vegetarian?

Anak dengan vegetarian badannya akan lebih kecil dibanding dengan anak yang bukan vegetarian, namun seiring bertambahnya usia si anak, dia akan mencapai ukuran anak-anak seusianya. Karena anak-anak masih dalam proses tumbuh kembang, maka terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan karena...

Oleh: dr. Aditiha Kwee

KLIKDOKTER.com - Bila banyak orang dewasa yang beralih menjadi seorang vegetarian, bukan berarti anak-anak tidak bisa menjadi vegetarian. Saat ini anak-anak pun sudah mulai dibiasakan untuk menjadi vegetarian karena menjadi vegetarian terbukti akan memperpanjang angka harapan hidup dan menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit.

Anak dengan vegetarian badannya akan lebih kecil dibanding dengan anak yang bukan vegetarian, namun seiring bertambahnya usia si anak, dia akan mencapai ukuran anak-anak seusianya. Karena anak-anak masih dalam proses tumbuh kembang, maka terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan karena menjadi vegetarian berarti akan kekurangan beberapa nutrient yang hanya terdapat pada makanan hewani, seperti zat besi, vitamin D, vitamin B12, dan lemak..

Bayi dengan usia lebih dari 4-6 bulan harus mendapat suplemen zat besi. Suplemen vitamin D dibutuhkan oleh anak usia di bawah 1 tahun. Suplemen vitamin B12 juga akan dibutuhkan si anak. Anak usia di bawah 2 tahun akan membutuhkan ekstra lemak untuk perkembangan otak dan sarafnya, oleh karena itu janganlah memberikan susu rendah lemak kepada si anak. Seorang vegetarian akan mendapatkan banyak asupan serat. Namun, dikarenakan lambung anak tidak sebesar orang dewasa, maka serat tersebut akan cepat membuat si anak kenyang padaal anak tersebut belum mendapat cukup asupan kalori untuk memenuhi kebutuhan energinya. Untuk mengatasi hal tersebut, dianjurkan si anak untuk banyak mengkonsumsi sereal dan kacang-kacangan.

Bila anak Anda sudah remaja dan memutuskan ingin menjadi vegetarian, pastikan terlebih dahulu alasan si anak ingin menjadi vegetarian. Karena pada beberapa kasus, si remaja akan menjadi seorang vegetarian utuk menutupi fakta bahwa dirinya mengidap anoreksia. Beritahukan kepada si anak bahwa menjadi vegetarian baik untuk menjaga pola makan supaya menjadi sehat.

Untuk anak remaja, asupan kalsium dan vitamin D sangat dibutuhkan. Suplemen besi juga penting terutama untuk remaja perempuan yang sedang mengalami menstruasi.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)

 

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar