Sukses

Sehatkah Menjadi Vegetarian ?

Menjadi vegetarian memang terbukti banyak manfaatnya. Menjadi vegetarian terbukti dapat memperpanjang angka harapan hidup. Selain itu, menjadi vegetarian juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit-penyakit kronik seperti obesitas, penyakit jantung dan pembuluh darah, kencing manis, darah tinggi, kanker, batu ginjal, batu empedu, dan konstipasi

Oleh: dr. Adithia Kwee

KLIKDOKTER.com - Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin banyak pula orang beralih menjadi seorang vegetarian. Seorang vegetarian adalah seseorang yang mengkonsumsi makanan terutama yang berasal dari tumbuhan seperti buah dan sayur. Namun ada beberapa vegetarian yang masih mengkonsumsi telur dan produk susu.

Terdapat 4 tipe vegetarian,

  1. Lacto-ovo vegetarian yang masih mengkonsumsi telur dan produk susus tetapi tidak mengkonsumsi daging dan ikan,
  2. Lacto vegetarian yang masih mengkonsumsi produk susu tetapi tidak mengkonsumsi telur, daging, dan ikan,
  3. Ovo vegetarian yang masih mengkonsumsi telur tetapi tidak mengkonsumsi produk susu, daging, dan ikan,
  4. Vegan yang sama sekali tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan seperti telur, produk susu, daging, dan ikan

Menjadi vegetarian memang terbukti banyak manfaatnya. Menjadi vegetarian terbukti dapat memperpanjang angka harapan hidup. Selain itu, menjadi vegetarian juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit-penyakit kronik seperti obesitas, penyakit jantung dan pembuluh darah, kencing manis, darah tinggi, kanker, batu ginjal, batu empedu, dan konstipasi.

Namun harus diperhatikan pula, bahwa menjadi vegetarian berarti Anda akan kekurangan beberapa nutrien yang banyak terdapat pada makanan yang berasal dari hewan contohnya seperti protein, vitamin B12, dan zat besi. Untuk mengatasinya Anda perlu mengetahui bagaimana supaya kebutuhan nutrian-nutrien tersebut tetap tercukupi walaupun anda menjadi seorang vegetarian.

Kebutuhan protein dapat diatasi dengan banyak mengkonsumsi kacang-kacangan, kedelai, seperti tahu dan tempe. Kandungan protein pada kedelai hampir seseuai dengan kandungan protein pada daging. Vitamin B12 hanya terdapat pada produk hewani, dan beberapa produk nabati seperti jamur dan tempe yang memang mengandung vitamin ini tidak dapat mencukupi kebutuhan untuk tubuh anda, sehingga sebaiknya anda mengkonsumsi suplemen vitamin B12. 

Untuk mengatasi kekurangan zat besi pada vegetarian, perbanyaklah mengkonsumsi sereal, karena dari sereal banyak mengandung zat besi. Juga dapat dibantu dengan mengkonsumsi vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi oleh tubuh.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)

 

Baca juga:

 

0 Komentar

Belum ada komentar