Sukses

Kasih Ibu Meningkatkan Volume Otak Anak

Balita yang menerima dukungan positif dari seorang ibu selama situasi stres, telah terbukti memiliki hippocampus lebih besar di tahun-tahun remaja mereka...

Klikdokter.com - Berilah ketenangan yang lembut ke bayi Anda ketika sang buah hati menangis ataupun stres. Karena menurut sebuah penelitian terbaru, balita yang menerima dukungan positif dari seorang ibu selama bayi mengalami stres telah terbukti memiliki hippocampus yang lebih besar di tahun-tahun remaja mereka. Hippocampus adalah bagian dari otak yang membantu kita belajar, berurusan dengan stressor (pemicu stres), dan membantu dalam hal ingatan (memori).

Ukuran hippocampus telah dikaitkan dengan faktor-faktor seperti peristiwa kehidupan yang penuh dengan stres dan depresi. Sebuah hippocampus yang memiliki volume yang lebih besar dapat meningkatkan dan membantu kelancaran performa gemilang di sekolah.

Studi ini telah menunjukan bahwa balita yang menerima rasa aman dan umpan balik positif dari ibu mereka ketika bayi menyaksikan situasi yang penuh stres lebih mungkin untuk memiliki hippocampus yang lebih besar ketika dievaluasi oleh MRI pada tahun-tahun remaja dan pra-remaja. Joan Luby, MD, di Washington University School of Medicine di St Louis adalah salah satu peneliti utama pada proyek.

Dokter Joan Luby dan timnya memberikan sebuah hadiah yang dibungkus untuk balita. Anak-anak diberitahu bahwa mereka harus menunggu beberapa menit sebelum mereka bisa membuka hadiah tersebut. Sementara anak-anak harus menunggu, ibu-ibu diberi dokumen untuk dilengkapi. Para ibu diberi skor pada seberapa baik mereka membantu anak-anak mereka melalui situasi stres.

Anak-anak yang menerima pengasuhan paling positif ditemukan memiliki hippocampus yang lebih besar pada MRI scan yang dilakukan 4-5 tahun kemudian. Neuroscience News melaporkan bahwa dr. Luby terkejut mengetahui bahwa hal tersebut bisa membuat perbedaan besar pada anak-anak bermental sehat.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sebagai orangtua kita perlu diingatkan untuk menghadapi amukan balita dengan kesabaran yang ekstra dan penuh cinta. Para peneliti itu mengatakan bahwa efek hal tersebut pada otak kemungkinan akan sama untuk setiap pengasuh utama - apakah mereka adalah ayahnya, kakek-neneknya atau orang tua angkatnya.

Luby menekankan bahwa orangtua harus diajarkan bagaimana untuk memelihara dan mendukung anak-anak mereka, Semua itu adalah unsur yang sangat penting dalam perkembangan anak yang sehat. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](DABA)

Baca juga:

 

0 Komentar

Belum ada komentar