Sukses

Keunggulan Sikat Gigi Elektrik

Sikat gigi elektrik pertama kali dibuat oleh suatu perusahaan di Amerika pada tahun 1960 yang memiliki bentuk kepala sikat seperti sikat gigi manual dengan gerakan vertikal dan horizontal. Tetapi sekarang design sikat gigi elektrik memiliki kepala sikat yang berputar dan oscilasi. Apakah keunggulannya dibandingkan dengan sikat gigi biasa?

Oleh: drg. Arni Maharani

KLIKDOKTER.com - Berbagai macam merk sikat gigi elektrik dapat dengan mudah kita temukan di pasaran, dengan berbagai macam bentuk dan design. Penggunaan sikat gigi merupakan kegiatan sehari-hari dalam rangka menjaga kebersihan dan kesehatan gigi kita. Penggunaan sikat gigi manual lebih dikenal dan familiar dalam masyarakat, dimana dalam memilih sikat gigi ini lebih baik diutamakan yang berbulu lembut dan ujung kepala yang mengecil.

Sikat gigi elektrik pertama kali dibuat oleh suatu perusahaan di Amerika pada tahun 1960 yang memiliki bentuk kepala sikat seperti sikat gigi manual dengan gerakan vertikal dan horizontal. Tetapi sekarang design sikat gigi elektrik memiliki kepala sikat yang berputar dan oscilasi. Perputaran dan pergerakan sikat gigi elektrik dirancang mengikuti pergerakan tangan dengan jumlah putaran 3000-7000 permenit.

Telah dilakukan beberapa penelitian terkait kekurangan dan keunggulan sikat gigi elektrik dibandingkan sikat gigi biasa. Keunggulan sikat gigi elektrik meliputi :
  • Pembuangan plak lebih baik dibandingkan sikat gigi manual.
  • Plak pada bagian selah-selah gigi (proksimal) lebih dapat dihilangkan oleh sikat gigi elektrik, dimana pada sikat gigi manual plak dibagian ini sulit sekali terjangkau apalagi jika dilakuakan dengan metode penyikatan yang salah.
  • Sikat gigi eletrik akan sangat berguna pada orang-orang dengan keterbatasan fisik, anak-anak, manula dan pada orang yang sedang sakit atau mengidap penyakit tertentu..

Namun berdasarkan hasil penelitian pula dikatakan bahwa menyikat gigi dengan sikat gigi manual juga bisa mendapatkan hasil yang baik seperti menggunakan sikat gigi elektrik apabila dilakukan secara benar. Penggunaan sikat gigi elektrik juga  harus dilakukan dengan metode yang benar sesuai petunjuk ahli guna mencapai hasil yang optimal dan tidak mencederai jaringan mulut.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AM)

Baca juga:


0 Komentar

Belum ada komentar