Sukses

Perawatan Selulit di Rumah

Perawatan Selulit di Rumah

Oleh : dr. Indiradewi Hestianingsih

Klikdokter.com - Selulit terjadi karena jarigan ikat terdesak oleh lemak sehingga menyebabkan lemak terlihat dibawah kulit. Dengan berkurangnya jumlah lemak maka akan berkurang juga selulit yang timbul. Diet dan olahraga memegang peranan dalam proses menekan eksistensi selulit.

Bila Anda ingin mengurangi selulit, yang Anda butuhkan adalah melakukan detoksifikasi atau pembersihan diri (tubuh) , terutama di hati (liver) dan usus besar  (colon). Hindari nikotin dan kopi, jangan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam atau lemak, dan perbanyaklah minum air putih.

Makan makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti kacang kedelai, blueberry dan kacang-kacangan. Pastikan Anda mendapatkan nutrient yang cukup mengandung glukosamin,vitamin B , dan asam lemak esensial.

Bawang bombay juga baik untuk mengatasi selulit. Bawang merupakan diuretic alami yang mempertahankan konsentrasi air dari sel kulit.

Olahraga berfungsi untuk menurunkan berat badan dan menjaga bentuk kaki dan bokong. Olahraga yang khusus untuk meningkatkan masa otot adalah dengan berjalan, bersepeda, naik tangga, yoga dan pilates. Lemak yang berkurang disertai dengan massa otot yang meningkat akan menyebabkan selulit hilang. Pun, kulit akan terlihat kencang dan halus .

Untuk meningkatkan sirkulasi dan menghilangkan banyak lemak pada daerah yang bermasalah dapat melakukan pijat setiap hari. Anda dapat menggunakan busa pada saat mandi atau mengunakan produk scrub. Dapat pula menggunakan minyak aromaterapi untuk merangsang sistem sirkulasi tersebut.

Pemakaian stocking dapat menguranngi pembentukan selulit, khususnya untuk membentuk bentuk tubuh dan kaki. Penggunaan stocking dapat menekan lemak dan meningkatkan sirkulasi, sehingga dapat mengurangi timbulnya selulit.

Anda juga dapat membuat lapisan pembungkus tubuh dengn menggunakan kopi dan rumput laut untuk mengurangi selulit. Ambil kopi yang hangat kemudian balurkan ke bagian tubuh yang terdpat selulit kemudian bungkus dengan rumput laut yang dapat Anda temukan di swalayan, setelah itu bungkus dengan plastik.

Biarkan selama kurang lebih setengah jam (30 menit). Kemudian dibilas, dapat sambil mandi, sambil melakukan pemijatan. Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](IND)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar