Sukses

Mudah Panik? Olahragalah

Anda mudah stres? Sering mengalami kepanikan atas dasar masalah sepele? Berolahragalah. Temuan terakhir menunjukkan bahwa tingkat tinggi dalam aktivitas fisik secara teratur...

lupa daya ingat stres menurun memori depresiKlikDokter.com – Anda mudah stres? Sering mengalami kepanikan atas dasar masalah sepele? Berolahragalah. Temuan terakhir menunjukkan bahwa tingkat tinggi dalam aktivitas fisik secara teratur dapat menjadi hal yang berguna untuk mencegah kepanikan dan gangguan lain yang terkait. Salah satu cara menyalurkan aktivitas fisik teratur adalah dengan berolahraga.

“Orang yang memiliki kepanikan tinggi akan merasakan mual, jantung berdebar kencang, sakit perut, dan sesak nafas. Hal ini dekenal sebagai 'sensitivitas kecemasan tinggi'. Kepanikan dan kecemasan akan bereaksi dan merangsang otak setelah terlibat dalam tingkat aktivitas fisik yang jarang mereka alami,” kata seorang peneliti dari Southern Methodist University di Dallas.

Studi ini juga menunjukkan bahwa faktor risiko kepanikan semacam ini mungkin akan tidak berpengaruh pada orang-orang yang secara rutin terlibat dalam tingginya tingkat aktivitas fisik. Olahraga teratur adalah alternatif dan strategi untuk mengobati kepanikan atau kecemasan.

“Sudah banyak bukti yang baik, bahwa olahraga dapat membantu orang-orang yang menderita masalah depresi dan kecemasan,” kata penelitian.

Lanjutnya, “kami tidak menyarankan latihan farmakoterapi atau psikoterapi dalam mencegah kecemasan atau kepanikan. Namun, olahragalah alternatif yang sangat baik dan bermanfaat,” ujar Smits peneliti sekaligus psikolog dari Oxford University.

Smits melaporkan temuannya dalam sebuah artikel The Interplay Between Physical Activity and Anxiety Sensitivity in Fearful Responding to Carbon Dioxide Challenge, yang dipublikasikan secara online di jurnal ilmiah obat psikosomatis. Bahwa memang olahraga bermanfaat mengurangi rasa cemas dan kepanikan. Karena saat berolahraga organ fisik kita semua bergerak, hal ini sangat berpengaruh pada psikis dan pikiran cemas seseorang.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami. Budayakan hidup sehat sebagai kebutuhan![](SN)

0 Komentar

Belum ada komentar