Sukses

Hati-Hati dengan Keputihan

KEPUTIHAN merupakan salah satu masalah yang sering dialami perempuan. Meskipun umumnya tidak berbahaya, keputihan yang berlangsung lama tanpa pengobatan bisa memicu berbagai gangguan penyakit, seperti kesulitan hamil. Selain itu, keputihan menahun ini sering kali merupakan gejala awal kanker leher rahim

Sumber : mediaindonesia.com 

KEPUTIHAN merupakan salah satu masalah yang sering dialami perempuan. Meskipun umumnya tidak berbahaya, keputihan yang berlangsung lama tanpa pengobatan bisa memicu berbagai gangguan penyakit, seperti kesulitan hamil. Selain itu, keputihan menahun ini sering kali merupakan gejala awal kanker leher rahim.

"Hati-hati dengan keputihan, jika tidak diobati bisa menimbulkan infeksi yang selanjutnya naik ke atas dan menimbulkan perlengketan sehingga tuba saluran telur tertutup," tutur dr Adi Widodo SpOG dari Rumah Sakit Polri dalam seminar bertajuk Kesehatan Reproduksi Kewanitaan di Kantor Media Indonesia, pekan lalu. Saluran yang tertutup itu, terang Adi, akan menghambat proses kehamilan.

Bagaimana cara mengatasinya? Langkah awal, terang Adi, adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup, seperti menghindari pemakaian pembalut (panty liner) yang berkelanjutan di luar masa menstruasi, menghindari pakaian ketat, serta menghindari pakaian dalam di malam hari. Hal ini, terangnya, untuk menghindari iritasi akibat pembalut dan mengurangi kelembaban vagina yang disebabkan pakaian dalam atau pakaian ketat.

0 Komentar

Belum ada komentar