Sukses

Waspada, Tersedak Bisa Menyebabkan Kematian!

Tak bisa dianggap sepele, tersedak ternyata berisiko menyebabkan kematian! Bagaimana kematian bisa terjadi akibat tersedak? Simak faktanya di sini!

Tersedak terjadi ketika tenggorokan yang digunakan untuk bernapas tersumbat oleh benda, makanan, atau cairan. Tersedak atau akrab disebut sebagai keselek, adalah kondisi yang dapat terjadi kepada siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasa. 

Bayi dan anak-anak biasanya tersedak karena gemar memasukkan benda asing ke dalam mulut mereka. Sementara itu, orang dewasa dapat tersedak karena menghirup asap atau makan dan minum terlalu cepat.

 

1 dari 4 halaman

Apa yang Sebenarnya Terjadi Saat Tersedak?

Tersedak biasanya tidak berlangsung lama dan tidak menyebabkan bahaya. Namun, tersedak juga dapat menjadi kondisi serius dan menyebabkan komplikasi fatal seperti kematian. 

Seseorang yang tersedak mungkin akan batuk terus menerus sampai tubuh mereka mengeluarkan makanan, benda, atau cairan dari saluran napasnya. 

Sementara pada kondisi tersedak yang mengancam, benda, makanan, atau cairan yang tersangkut di tenggorokan dapat memotong suplai udara sehingga seseorang tidak dapat bernapas.

Ketika tersedak, seseorang mungkin menunjukkan ketidakmampuan untuk:

  • Berbicara.
  • Batuk.
  • Membuat suara.
  • Bernapas.
  • Wajah jadi berwarna kebiruan karena kekurangan oksigen.  Hal Ini bisa dilihat dari bibir, kulit, atau kuku.

Orang yang tersedak mungkin dapat menyilangkan tangan di tenggorokan untuk memberi tahu Anda bahwa ia sedang tersedak.

Tersedak dapat menyebabkan kematian bila tidak segera mendapatkan pertolongan. Kematian terjadi karena saluran yang digunakan untuk bernapas dan mengambil oksigen tersumbat

Apabila tidak mendapatkan cukup oksigen dalam kurun waktu tertentu, orang itu dapat meninggal dunia. 

Artikel Lainnya: Catat! Ini Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Tersedak

2 dari 4 halaman

Pertolongan Pertama Tersedak

Ada beberapa hal  yang dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama tersedak. Salah satu metode yang dapat dilakukan adalah “five and five”. 

Metode ini dilakukan dengan menepuk punggung orang yang tersedak menggunakan telapak tangan sebanyak lima kali di antara kedua tulang belikat. Jangan lakukan metode ini jika yang mengalami tersedak adalah anak-anak.

Selanjutnya, lakukan manuver Heimlich sebanyak lima kali. Bergantian di antara metode five and five dan manuver Heimlich sampai orang tersebut tidak lagi tersedak. Manuver Heimlich boleh diberikan atau dilakukan kepada anak.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan manuver Heimlich:

  1. Berdirilah di belakang orang yang tersedak dan posisikan tangan Anda melingkari atau memeluk pinggangnya. 
  2. Condongkan tubuh orang yang tersedak agak bungkuk ke depan.
  3. Agar nyaman dan seimbang, posisikan salah satu kaki Anda ke depan.
  4. Kepalkan tangan Anda dan letakkan di atas perut atau pusar orang tersebut. 
  5. Gunakan salah satu tangan untuk menekan perut orang yang tersedak dengan gerakan menyentak ke atas.
  6. Ulangi metode ini sebanyak lima kali.

Jika orang tersebut tidak sadarkan diri, segera hubungi ambulans. Anda juga dapat mulai melakukan CPR atau Cardiopulmonary Resuscitation.

Artikel Lainnya: Cegah Anak Tersedak, Bunda Bisa Lakukan 6 Hal Ini

3 dari 4 halaman

Bisakah Tersedak Dihindari?

Anda dapat mencegah anak tersedak dengan menjaga area bermainnya bebas dari benda-benda kecil. Benda kecil yang dapat menyebabkan tersedak, seperti koin, penghapus, dan balok mainan. 

Untuk mencegah si kecil tersedak makanan, potong hidangannya menjadi bagian kecil-kecil agar mereka lebih mudah menelan. Lalu, cegahlah anak untuk berbicara atau bernyanyi saat makan.

Untuk orang dewasa, cegah diri Anda dari tersedak dengan menghindari berbicara atau tertawa saat makan. Lalu, sediakan air di dekat Anda saat sedang makan. 

Tersedak adalah salah satu kondisi yang dapat mengancam nyawa. Pelajari cara melakukan pertolongan pertama agar Anda menolong orang yang tersedak di sekitar Anda. untuk tahu informasi kesehatan atau cara pertolongan pertama lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI-JKT)

1 Komentar

  • Ono

    Mlm dok,,mf mggu..ank z 2 tahun,, kemarin tak sengaja menelan permen kopiko wktu baring2 trus z beri air minum sblmx dia sdh btk dgn flu dan kmrin smpe skrng msh makan...dan hbs z beri obat batuk mufagrif.yg jd prtxaan z soal permen kopiko itu apa mngganggu prnfasanx dok...??