Sukses

Keselek Bisa Mematikan

Indonesia tidak punya data pasti mengenai berapa jumlah korban meninggal karena keselek (keselak/ tersedak). Namun kita harus selalu waspada akan hal ini, tidak kenal jenis kelamin, ataupun usia, siapa saja dimana saja bisa tersedak, dan tanpa pertolongan yang tepat dapat berakibat fatal...

Oleh: dr. Adithia Kwee

KLIKDOKTER.com - Seorang bocah berusia 3 tahun hampir tak terselamatkan nyawanya saat berusaha menirukan adegan sulap dengan memasukkan koin ke dalam mulutnya. Untungnya sang kakak yang kebetulan telah diajari berbagai pertolongan pertama di sekolahnya dengan sigap menepuk punggung si adik hingga koin terlempar keluar dari mulut kemudian si adik pun terselamatkan.  Itulah secuplik kehebohan yang terjadi pada sebuah keluarga di London.

Indonesia tidak punya data pasti mengenai berapa jumlah korban meninggal karena keselek (keselak/ tersedak). Namun kita harus selalu waspada akan hal ini, tidak kenal jenis kelamin, ataupun usia, siapa saja dimana saja bisa tersedak, dan tanpa pertolongan yang tepat dapat berakibat fatal.

Apa yang sebenarnya terjadi saat kita tersedak?

Di belakang mulut kita, terbuka 2 saluran yang mengarah ke tempat yang berbeda, yang pertama adalah trakea yang mengarahkan ke saluran napas, yang kedua adalah esophagus yang mengarahkan ke saluran pencernaan. Seseorang dikatakan tersedak ketika ada benda asing berupa makanan, benda, atau apapun bentuknya yang masuk ke saluran pernapasan dan menyumbat jalan napas. Henti napas inilah yang seringkali dapat membunuh seseorang.

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk memberikan pertolongan pertama?

  1. Langkah pertama yang Anda bisa lakukan adalah menepuk punggung si korban tersedak, jika belum berhasil lanjutkan ke langkah kedua.
  2. Lingkarkan kedua lengan Anda di pinggang korban, tepatnya di antara pusar dan pertemuan iga kiri dan kanan.
  3. Kemudian penolong menghentakan tangannya ke atas seraya menarik tubuh korban ke belakang.
  4. Lakukan berulang kali, jika masih belum berhasil segera hubungi paramedis.
Jangan lupa untuk meminta pasien memuntahkan benda yang membuatnya tersedak. Cara ini dinamakan Heimlich maneuver di dalam dunia kedokteran, tidak terlalu sulit bukan? Kemauan Anda untuk sedikit belajar hari ini dapat menyelamatkan nyawa seseorang kelak! Salam sehat. Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)

 

Baca juga: 

1 Komentar

  • Ono

    Mlm dok,,mf mggu..ank z 2 tahun,, kemarin tak sengaja menelan permen kopiko wktu baring2 trus z beri air minum sblmx dia sdh btk dgn flu dan kmrin smpe skrng msh makan...dan hbs z beri obat batuk mufagrif.yg jd prtxaan z soal permen kopiko itu apa mngganggu prnfasanx dok...??